Kabar Nasional

Asisten Pergoki Yoshua dan Istri Sambo Berbuntut Cekcok di Ultah Pernikahan

Tim detikX - detikJatim
Selasa, 16 Agu 2022 19:19 WIB
Potret Ferdy Sambo dan keluarga dengan para pengawal mereka.
Irjen Ferdy Sambo (tengah atas) diduga sempat cekcok dengan istrinya (tengah-bawah) sebelum bunuh Brrigadir J (kanan atas)/Foto: Istimewa
Surabaya -

Motif pembunuhan Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J masih jadi misteri. Belakangan diketahui bahwa pembunuhan Brigadir J merupakan rentetan peristiwa dari ketegangan di Magelang, Jawa Tengah antara Irjen Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi. Ada momen di mana Sambo dan istrinya cekcok pada hari pernikahan keduanya.

Hal ini diketahui berdasar penelusuran tim detikX. Perselisihan yang terjadi di Magelang adalah kunci yang membuat Ferdy Sambo merancang pembunuhan Yoshua.

Awalnya, pada Sabtu, 2 Juli 2022, keluarga besar Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi, bertandang ke Magelang. Mereka membawa rombongan ajudannya, yaitu Yoshua, Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E, Bripka Ricky Rizal, Briptu Daden, serta dua asisten rumah tangga Kuat Ma'ruf dan S.

"Richard cerita mereka berangkat dari Jakarta tanggal 2 Juli. Richard sama Ibu Putri sama S, pembantu, untuk nengok D (anak Sambo) di Magelang," kata eks kuasa hukum Richard, Deolipa Yumara, kepada reporter detikX.

Berdasarkan penuturan Richard kepada Deolipa, hari-hari Yoshua berlalu seperti biasa selama di Magelang, selayaknya ajudan. Hingga pada Rabu, 6 Juli 2022, Ferdy Sambo dan Putri merayakan hari jadi pernikahan mereka.

Acara Sambo dan Putri memang berjalan lancar. Tapi, pada akhir acara, Sambo dan istrinya itu sempat cekcok. Suasana menjadi tak enak.

Menurut Deolipa, berdasarkan keterangan Richard, cekcok tersebut terjadi lantaran Yoshua menjaga Putri yang sedang sakit. Kemudian Kuat naik pitam karena memergoki Yoshua sedang berduaan dengan istri bosnya.

"Ada satu hari Bu Putri sakit. Yang jaga Yoshua. Tiba-tiba si Richard disuruh pulang karena ada cekcok," ujar Deolipa.

Setelah itu, Ricky menyita senjata laras panjang dan pistol jenis HS-9 milik Yoshua. Ricky dan Kuat melarang Yoshua naik ke lantai dua, tempat kamar Putri berada. Yoshua juga dituduh menjadi penyebab Putri sakit.

Keesokan paginya, Kamis, 7 Juli 2022, Sambo dan seorang ajudannya, Daden, pulang duluan ke Jakarta dengan naik pesawat. Saat perjalanan itu, Irjen Ferdy Sambo diketahui mempersiapkan rencana menghabisi Yoshua.



Simak Video "Adegan-adegan yang Ditolak Ferdy Sambo dalam Rekonstruksi"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/dte)