Pembunuh Kakek di Pasuruan Rencanakan Aksi Tiga Hari Sebelum Kejadian

Muhajir Arifin - detikJatim
Selasa, 16 Agu 2022 14:25 WIB
Pelaku pembunuhan kakek di Pasuruan
Polisi menunjukkan barang bukti pembunuhan kakek di Pasuruan (Foto: Muhajir Arifin/detikJatim)
Pasuruan -

Aksi pembunuhan tetangga pada kakek di Pasuruan ternyata telah direncanakan. Pelaku yakni MA (29), warga Jalan Jenderal S. Parman, Panggungrejo, Kota Pasuruan merencanakan pembunuhan pada tetangganya sendiri, Saki (60) tiga hari sebelum kejadian.

Kasat Reskrim Polres Pasuruan Kota AKP Bima Sakti mengatakan tersangka sudah menyiapkan aksi tiga hari sebelumnya. Ia juga sudah menyiapkan senjata tajam berupa pisau badik.

"Tersangka kurang lebih tiga hari sebelum kejadian sudah mempersiapkan sajam yang akan digunakan melukai atau membunuh korban," kata Bima di Mapolres Pasuruan Kota, Selasa (16/8/2022).

Rencana tersangka terlaksana pada Minggu (14/8/2022) sekitar pukul 19.30 WIB. Tersangka yang mengetahui korban melintas dengan sepeda angin langsung turun dari motor dan menghadang korban.

"Tersangka langsung melakukan kekerasan dengan sajam," jelas Bima.

Akibat luka senjata tajam yang diarahkan ke tubuh korban sebanyak empat kali, korban meninggal dunia. Ia mengalami luka robek di bagian dada, leher, lengan tangan kanan tembus ke belakang dan bawah ketiak sebelah kanan tembus belakang punggung.

"Tersangka kabur dan berhasil kami amankan Minggu malam di sebuah kebun," tambah Bima.

Tersangka mengakui perbuatannya dan minta maaf, di halaman selanjutnya!