Agenda Sidang Mas Bechi Hari Ini: Pemeriksaan Saksi dari JPU

Praditya Fauzi Rahman - detikJatim
Senin, 15 Agu 2022 11:16 WIB
Mas Bechi hadir dalam persidangan di PN Surabaya
Mas Bechi saat mendapat pengawalan di PN Surabaya (Foto: Praditya Fauzi Rahman/detikJatim)
Surabaya -

Terdakwa kasus dugaan pencabulan dan pemerkosaan pada satriwatinya, Moch. Subchi Azal Tsani alias Mas Bechi kembali menjalani sidang di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Sidang ini beragenda pemeriksaan saksi dan terdakwa.

Berbeda dengan sebelumnya, sidang kali ini digelar secara offline. Mas Bechi dihadirkan langsung dalam persidangan. Mas Bechi menjalani sidang secara offline dan tertutup di Ruang Cakra, PN Surabaya.

Dari pantauan detikJatim, selama proses sidang offline dan tertutup itu, pengamanan ratusan personel kepolisian masih dilakukan. Baik di luar, maupun di dalam PN Surabaya. Tak hanya personel, ada juga kendaraan taktis, tameng, hingga tongkat kepolisian.

Namun, tak terlihat satu pun massa pendukung maupun keluarga dari Mas Bechi. Mereka tak tampak baik di luar maupun di dalam ruang persidangan.

Usai dihadirkan, ia hanya masuk dan menjalani sidang sekitar 10 menit. Di dalam, ia hanya melihat dan mendengarkan sumpah para korban atau saksi yang dihadirkan, lalu kembali ke luar sidang.

Ketua Tim Penasihat Hukum Mas Bechi, I Gede Pasek Suardika mengatakan, meski digelar offline, sidang itu digelar tertutup. Kendati demikian, saksi dan terdakwa dihadirkan dalam sidang dengan pengawalan ketat.

"Untuk sidangnya offline," kata Gede kepada awak media di PN Surabaya, Senin (15/8/2022).

Gede menjelaskan, kliennya menjalani sidang dengan agenda pemeriksaan saksi dari Jaksa Penuntut Umum (JPU).

"Nanti kami lihat, siapa saja (saksi) yang diajukan, saya kira sudah mulai pemeriksaan saksi dari JPU ya. Mudah-mudahan, bisa menguji fakta persidangan," ujarnya.

Ia memastikan, pihaknya juga tetap menghadirkan saksi. Namun, tidak hari ini. "Saksi dari kami belakangan," pungkasnya.



Simak Video "Mas Bechi Ditangkap! Pengurus Orasi Perang Bela Shiddiqiyyah"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/fat)