Anak Gorok Ibu di Jember, Psikolog: Ada Kemungkinan Gangguan Mental Berat

Anak Gorok Ibu di Jember, Psikolog: Ada Kemungkinan Gangguan Mental Berat

Tim detikJatim - detikJatim
Minggu, 14 Agu 2022 15:36 WIB
anak gorok ibu di jember diamankan
Pelaku gorok ibu di Jember diamankan/Foto: Istimewa (Dok Polsek Silo)
Surabaya -

Seorang pria asal Jember tega menggorok leher ibunya sendiri. Pelaku melakukan hal itu saat sang ibu sedang tertidur pulas pada Sabtu (13/8/2022) pukul 20.00 WIB. Kejadian ini lantas ditanggapi psikolog asal Surabaya, Nido Dipo Wardana.

Nido mengatakan kasus-kasus pembunuhan ibu oleh anak biasanya terkait dengan gangguan mental yang cukup berat. Gangguan mental ini membuat individu jadi kesulitan membedakan nyata dan tidak nyata.

"Biasanya memang terkait adanya gangguan mental cukup berat. Gangguan mentalnya mengandung halusinasi atau waham yang membuat individu jadi kesulitan membedakan mana yang nyata dan tidak nyata," kata dosen Fakultas Psikologi Universitas Airlangga (FPsi Unair) itu saat dihubungi detikJatim, Minggu (14/8/2022).

Namun, menurut Nido, tidak semua kasus pembunuhan ibu oleh anak disebabkan gaggnuan mental. Faktor lainnya adalah konflik dalam keluarga.

"Nggak semua kasus pembunuhan ibu oleh anak ini disebabkan karena si anak memiliki gangguan mental. Bisa juga didorong oleh konflik dalam keluarga," papar kandidat doktor di Graduate School of Medical Science, University of Groningen, Belanda itu.

Pada kasus ini, Nido juga memperhatikan kondisi sang anak yang berusia 45 tahun. Maka, bisa jadi ada kombinasi antara permasalahan mental dan konflik keluarga.

"Kalau dalam kasus ini, dengan melihat usia anak, bisa jadi ada kombinasi permasalahan mental dan konflik keluarga," imbuh Nido.



Simak Video "BMKG Minta Waspadai Gempa Jember, Berpotensi Picu Tsunami"
[Gambas:Video 20detik]