Kabar Nasional

LPSK Antisipasi Makanan Bharada E Diracun Selama Ditahan

Tim detikNews - detikJatim
Rabu, 10 Agu 2022 15:25 WIB
Ajudan Irjen Pol Ferdy Sambo, Bhayangkara Dua Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E (kiri) berjalan memasuki ruangan saat tiba di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Selasa (26/7/2022). Kedatangan Bharada E tersebut untuk dimintai keterangan terkait insiden baku tembak dengan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J  yang terjadi pada Jumat (8/7) lalu di rumah dinas Kepala Divisi Propam Polri nonaktif Irjen Pol. Ferdy Sambo. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nym.
Bharada E yang menjadi salah satu tersangka/(Antara Foto/M Risyal Hidayat)
Surabaya -

Bharada Richard Eliezer alias Bharada E telah ditahan setelah ditetapkan sebagai tersangka. Rencananya, Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) akan menyuplai makanan kepada Bharada E selama di tahanan. Tujuannya sebagai upaya perlindungan terhadap Bharada E yang berencana menjadi justice collaborator (JC).

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua LPSK, Maneger Nasution. Selain menyuplai makanan, LPSK juga akan menyediakan rohaniawan untuk Bharada E.

"LPSK berkoordinasi dengan Bareskrim Mabes Polri (9/8) untuk membahas seputar permohonan E sebagai JC, keamanan E di tahanan Bareskrim, menyuplai makanan E di tahanan Bareskrim dan penyediaan rohaniawan untuk E," ujar Nasution dilansir dari detikNews, Rabu (10/8/2022).

Nasution mengatakan hal tersebut sebagai bentuk antisipasi hal yang tidak diinginkan, misalnya Bharada E diracun di tahanan. Kendati demikian, dia menekankan penyediaan makanan hingga rohaniawan itu akan dilakukan usai Bharada E menjadi JC.

"Untuk antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan berkaitan dengan keselamatan E," ungkapnya.

"Iya (menghindari semisal kemungkinan buruk makanan diracun-red)," imbuh Nasution. Nasution menjawab pertanyaan wartawan apakah penyediaan itu untuk menghindari kemungkinan buruk makanan Bharada E diracun.

Sementara itu, Juru Bicara LPSK, Rully Novian membenarkan terkait penyuplaian makanan kepada Bharada E. Namun, sampai saat ini hal tersebut belum dilakukan karena status Bharada E belum terlindungi LPSK.

"Sebagai salah satu bentuk perlindungan atau skema perlindungan hal tersebut bisa dilakukan. Namun, sampai hari ini belum dilakukan itu. Setelah dilindungi LPSK," ungkapnya.



Simak Video "Momen Bharada E-Kuat Ma'ruf Selesai Jalani Pemeriksaan Kesehatan"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/bdh)