Penasihat Hukum Kembali Ragukan Pengakuan Korban Pemerkosaan Mas Bechi

Tim detikJatim - detikJatim
Selasa, 09 Agu 2022 11:29 WIB
kuasa hukum mas bechi i gede pasek suardika
I Gede Pasek Suardika (Foto: Praditya Fauzi Rahman/detikJatim)
Surabaya -

Kasus hukum yang menjerat Moch. Subchi Azal Tsani (MSAT) atau Mas Bechi kini tengah masuk persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Kendati demikian, pengacara Mas Bechi masih meragukan pengakuan korban pencabulan dan pemerkosaan kliennya.

Ketua Tim Penasihat Hukum Mas Bechi, I Gede Pasek Suardika angkat bicara. Menurutnya, dalam sidang yang digelar offline pekan depan, jumlah korban yang disampaikan polisi dalam pemberitaan bakal terbongkar. Begitu pula dengan pengakuan korban.

"Kata Kapolda Jatim (Irjen Pol Nico Afinta), saat kasus ini dilimpahkan katanya ada 5 korban. Padahal, di persidangan dikatakan hanya 1 yang mengaku korban, jadi dari isu belasan, saya kira ini kejahatan luar biasa dan perkataan Kapolda ada 5 korban, ini ternyata ada 1 yang mengaku dan didakwakan dalam 2 peristiwa," kata Gede saat dikonfirmasi, Selasa (9/8/2022).

Gede menjelaskan, pihaknya bakal menguji 1 korban dengan 2 peristiwa yang dimaksud dalam dakwaan. Apakah itu fakta atau fiktif di sidang, ia menilai bakal lebih mudah 'mengukurnya' dalam sidang pekan depan.

"Jadi, teman-teman media bisa cek lagi berita sebelumnya, ada pemberitaan belasan gitu ya, tapi secara formil yang dibuat jaksa hanya ada 1 yang mengaku korban, usianya 20 tahun dan sekarang 25 tahun," ujarnya.

Lalu, soal status korban atau ada peristiwa lain, Gede mengaku sudah memiliki alat bukti. Rencananya, alat bukti ini bakal ditunjukkan untuk melihat kebenaran dalam sidang selanjutnya.

"Yang bersangkutan (korban) betul-betul jadi korban atau memposisikan diri sebagai korban dalam proses rayu merayu itu gagal alias tidak diterima Mas Bechi," tuturnya.



Simak Video "Mas Bechi Ditangkap! Pengurus Orasi Perang Bela Shiddiqiyyah"
[Gambas:Video 20detik]