Kompolnas Pantau Sidang Kasus Pencabulan Mas Bechi di PN Surabaya

Praditya Fauzi Rahman - detikJatim
Senin, 08 Agu 2022 14:52 WIB
Komisioner Kompolnas RI saat mengikuti sidang Mas Bechi
Komisioner Kompolnas mengikuti sidang Mas Bechi (Foto: Praditya Fauzi Rahman/detikJatim)
Surabaya -

Sidang putusan sela terdakwa pencabulan dan pemerkosaan santriwati, Moch. Subchi Azal Tsani (MSAT) alias Mas Bechi digelar secara terbuka untuk pertama kalinya. Dalam sidang kali ini, tampak hadir dua anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) RI di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti angkat bicara soal kehadirannya di sana. Poengky mengatakan, kehadirannya untuk melakukan pengawasan kepada personel polri yang melakukan penjagaan atau pengamanan selama sidang Mas Bechi sejak bulan lalu.

"Kami, selaku pengawas fungsional polri, mengawasi penanganan proses pidana kasus ini sejak di Polda Jatim," kata Poengki saat dikonfirmasi detikJatim, Senin (8/8/2022).

Poengky menyatakan, kehadirannya bukan tanpa sebab. Melainkan, berawal dari kegiatan klarifikasi saran dan keluhan masyarakat

"Dan penelitian di Polda Jatim berbarengan dengan pelaksanaan sidang kasus ini, maka kami juga melanjutkan dengan melakukan pemantauan terhadap proses persidangan kasus ini di PN Surabaya," ujarnya.

Poengky menuturkan, hal tersebut sekaligus sebagai bentuk kepedulian Kompolnas kepada masalah kekerasan seksual. Pihaknya juga berfokus pada perlindungan korban kekerasan seksual.

"Kami mendukung pelaksanaan persidangan yang adil di PN Surabaya. Dengan adanya proses persidangan yang adil, diharapkan perlindungan kepada korban kasus dugaan kekerasan seksual dapat diwujudkan," tuturnya.

Menurut Poengky, kasus-kasus kekerasan seksual, khususnya dengan korban perempuan dan anak, perlu menjadi perhatian publik. Agar korban mendapatkan keadilan.

"Agar ada efek jera bagi pelaku, dan kasus-kasus serupa dapat diminimalisasi," tutupnya.



Simak Video "Mas Bechi Ditangkap! Pengurus Orasi Perang Bela Shiddiqiyyah"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/fat)