Titik Terang Penyerangan Dusun di Jember yang Sedikit Demi Sedikit Terkuak

Tim detikJatim - detikJatim
Sabtu, 06 Agu 2022 12:35 WIB
Sekelompok orang tak dikenal (OTK) menyerang Dusun Baban Timur, Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo, Jember. Mereka membakar rumah, motor, hingga mobil milik warga.
Rumah yang dibakar dan dirusak di Dusun Baban Timur, Jember. (Foto: Istimewa)
Jember -

Dusun Baban Timur, Desa Mulyorejo, Silo, Jember dua kali diserang kawanan orang tak dikenal. Sedikit demi sedikit motif penyerangan itu mulai terungkap, dan 1 terduga pelaku sudah ditahan.

Aksi itu diduga buntut kasus penganiayaan terhadap warga Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi. Aksi serangan dan pembakaran itu disebut semacam pembalasan dendam warga Kecamatan Kalibaru.

"Iya memang warga Kalibaru yang menyerang Dusun sana. Tapi kami tidak tahu siapa saja yang melakukan," ujar Kapolsek Kalibaru AKP Abdul Jabbar kepada detikJatim, Kamis (4/8/2022).

Menurutnya, Polsek Kalibaru hanya melakukan pengamanan wilayah, tetapi sewaktu-waktu siap membantu jika dibutuhkan Polres Jember.

"Sejauh ini belum ada permintaan atau perintah back up atau bantuan dari Polsek Silo maupun Polres Jember," terang AKP Abdul Jabar.

Sejurus kemudian, pihak kepolisian Jember mengamankan 3 orang terkait 2 kali penyerangan di Dusun Baban Timur. Ketiganya diperiksa sebagai saksi dengan dugaan salah satu di antara mereka yang diduga kuat terlibat penyerangan.

Sekelompok orang tak dikenal (OTK) menyerang Dusun Baban Timur, Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo, Jember. Mereka membakar rumah, motor, hingga mobil milik warga.Sekelompok orang tak dikenal (OTK) menyerang Dusun Baban Timur, Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo, Jember. Mereka membakar rumah, motor, hingga mobil milik warga. (Foto: Istimewa)

Hingga akhirnya pada Jumat (5/8/2022) itu, polisi memutuskan untuk menahan salah satu di antara mereka sebagai terduga pelaku dan melakukan pemeriksaan lebih intensif di Satreskrim Polres Jember.

"Saat ini kami sudah mengamankan satu terduga pelaku dari aksi teror pembakaran rumah warga Baban Timur," kata Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo, Sabtu (6/8/2022).

Terduga pelaku diketahui berinisial Z (50). Dia adalah warga Dusun Lekap, Desa Banyuanyar, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi.

Menurut Hery, penyerangan dan pembakaran rumah warga Baban Timur itu dipicu peristiwa penganiayaan yang terjadi pada 3 Juli 2022. Saat itu, warga Desa Kalibaru Manis, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi bernama H. Suhar dianiaya Ali yang merupakan warga Padukuhan Patungrejo, Dusun Baban Timur, Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo, Jember.

"Pelaku (Ali) saat itu juga berhasil diamankan. Namun ada pihak keluarga korban yang tidak terima dan melakukan main hakim sendiri dengan melakukan aksi balas dendam merusak dan membakar rumah dan sepeda motor milik Ali," kata Hery.

Bahkan bukan hanya rumah Ali yang menjadi sasaran tapi juga rumah warga yang lain. Termasuk rumah warga Padukuhan Dampikrejo yang masih masuk wilayah Dusun Baban Timur. Akibatnya, ada 7 rumah dan puluhan kendaraan yang rusak.

Motifnya diduga tidak hanya penganiayaan. Baca di halaman selanjutnya.