Penampakan Senpi yang Dipakai Membunuh Bos Rongsokan Sidoarjo

Penampakan Senpi yang Dipakai Membunuh Bos Rongsokan Sidoarjo

Suparno - detikJatim
Jumat, 01 Jul 2022 21:37 WIB
Senpi yang dipakai pelaku untuk membunuh bos rongsokan Sidoarjo
Pistol yang dipakai pelaku JO untuk membunuh bos rongsokan Sabar. (Foto: Suparno/detikJatim)
Surabaya -

Polisi telah menangkap pembunuh bos rongsokan Sabar (37) berinisial JO (40). Pelaku yang diketahui merupakan warga Pasuruan itu ditangkap di Sokobanah, Sampang. Tak hanya pelaku polisi juga mengamankan senpi yang digunakan.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Kusumo Wahyu Bintoro mengatakan bahwa pelaku membuang senpi dan atribut jaket dan helm ojol yang dipakai saat membunuh korban ke suatu tempat. Informasi yang didapat detikJatim, senpi itu dibuang di sebuah lahan kosong di Candi, Sidoarjo.

"Untuk barang bukti, baik helm kemudian jaket dan sebagainya ini dibuang di sebuah daerah tapi berhasil kami amankan. Demikian juga untuk senjata yang dipakai tersangka untuk melakukan perbuatan itu," ujarnya.

Salah satu anggota Satreskrim Polresta Sidoarjo menunjukkan senpi pelaku yang telah diamankan. Berdasarkan pengamatan detikJatim, Senpi itu dominan berwarna hitam dengan ornamen coklat pada gagangnya.

Sekilas, pistol yang dipakai JO untuk 2 menembak Sabar itu mirip jenis pistol Colt M1911A1 produksi AS. Colt sendiri mampu memuat tujuh peluru dengan kemampuan melesat 1.225 kaki per detik. Selain populer di militer, Colt M1911A1 juga digunakan warga sipil AS.

"Senjata yang digunakan kami belum bisa memastikan ini jenis apa, rencana ini akan segera kami kirim ke labfor untuk diidentifikasi. Nanti (akan) dibandingkan dengan selongsong yang ditemukan di TKP," kata Kusumo.

Ia menegaskan, Polresta Sidoarjo tidak bisa sembarangan menyebutkan tentang jenis senjata yang digunakan.

"Jadi yang menentukan ini rakitan atau apa, dari Labfor. Rakitan atau pun pabrikan itu (nanti yang memutuskan) dari Labfor. Jadi kami belum bisa memastikan. Mungkin bentuknya sama, tapi ada ulirnya atau apa. Nanti kita baru bisa mengetahuinya," ujar Kusumo.

Sekadar mengingatkan, dari hasil olah TKP yang dilakukan polisi, ditemukan 1 selongsong yang jatuh di samping ceceran darah korban. Tidak hanya itu polisi juga mengamankan proyektil diduga 9 mm dari tubuh korban.

Sebelumnya, penembakan itu terjadi Senin (27/6/2022) malam sekitar pukul 20.00 WIB di rumah kontrakan sekaligus tempat usaha rongsokan milik Sabar. Lokasinya berada di bawah fly over sebelah barat Pasar Larangan.

Akibat dua tembakan pistol itu Sabar mengalami luka parah di leher sebelah kiri tembus leher sebelah kanan. Kemudian di lengan kiri tembus ke dada sebelah kiri.

Setelah menjalani perawatan intensif selama 2 hari di RSUD Sidoarjo nyawa korban tidak bisa diselamatkan. Sabar meninggal Rabu (29/6/2022) malam sekitar pukul 22.00 WIB.



Simak Video "Istri Korban Sebut Otak Pembunuhan Bos Rongsokan di Sidoarjo Masih Saudara"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)