Menanti Aksi Polisi Ungkap Penemuan Dua Mayat Pria di Parit Sidoarjo

Tim detikJatim - detikJatim
Rabu, 25 Mei 2022 11:48 WIB
penemuan dua mayat pria di sidoarjo
Penemuan dua mayat di parit Sidoarjo (Foto: Suparno/detikJatim)
Sidoarjo -

Masyarakat Desa Balongdowo, Kecamatan Candi, Sidoarjo dihebohkan penemuan dua mayat di parit sawah. Dua mayat itu ditemukan tertelungkup dengan pakaian lengkap.

Masih menjadi misteri apakah dua mayat tersebut merupakan korban pembunuhan atau tidak. Hingga kini, polisi belum mengungkap penyebab kematian kedua mayat tersebut.

Sebelumnya, dua mayat itu ditemukan warga Desa Balongdowo, sekitar pukul 06.00 WIB. Tak jauh dari lokasi juga ditemukan sepeda motor Honda Supra X 125 warna hitam dengan nomor polisi W 5464 TU.

Dari pantauan detikJatim, satu mayat memakai celana panjang dan berkemeja kotak-kotak warna gelap. Sementara mayat pria sebelahnya memakai kaus lengan pendek yang kondisinya sudah robek di bagian punggung dan bercelana panjang.

Sejumlah benda turut ditemukan di lokasi penemuan jenazah. Kades Balongdowo Amirul Mukminin mengatakan, pada salah satu jenazah ditemukan dompet milik korban. Dompet itu kemudian diambil disaksikan sejumlah warga.

"Di lokasi ditemukan bahwa jenazah yang memakai kaos berwarna putih, di saku celana jeans biru terlihat ada dompetnya. Kemudian disaksikan oleh warga dan petugas dompet tersebut kita ambil," kata Amirul, Senin (23/5/2022).

"Dompet tersebut berisi uang, dan KTP atas nama Wahyu Purnawan warga Kalitengah Kecamatan Tanggulangin," jelas Amirul.

Sedangkan jenazah yang satunya yang memakai baju lengan panjang kotak-kotak biru, dan celana panjang biru tua tidak ditemukan identitas. Amirul menambahkan, ada satu tas plastik berisi satu botol bir yang masih ada isinya juga turut ditemukan. Saat ditemukan botol tersebut sudah terbuka.

"Selain itu juga ditemukan satu tas kresek yang berisi satu botol bir yang masih ada isinya. Botol tersebut terlihat sudah dibuka, posisi botol tersebut di tengah sepeda motor. Anehnya jok sepeda motor tidak ditemukan di lokasi, sudah dicari di sekitar lokasi tidak ditemukan," jelasnya.

Kanit Gakkum Sat Lantas Polresta Sidoarjo AKP Sugeng Sulistiyono mengaku belum bisa memastikan jika kedua mayat itu korban pembunuhan.

"Dari hasil olah TKP Unit Gakkum sementara menyimpulkan posisi korban berseberangan antara korban 1 dengan korban 2. Apakah korban pembunuhan juga belum tahu," imbuh Sugeng.

Polisi mengungkapkan ada sejumlah luka di kedua mayat yang ditemukan di parit sawah Sidoarjo. Luka-luka ini diketahui setelah mayat dilakukan pemeriksaan di rumah sakit. Sugeng mengatakan, pada jenazah pertama yakni Wahyu Purnawan ditemukan luka di bagian dan kulit kepala. Luka lainnya yakni robek mulut sebelah kanan.

"Ada bagian tengkorak kepala atas genjur dan kulit kening terkelupas.Luka robek di mulut sebelah kanan dan pelipis kanan," kata Kanit Gakkum Satlantas Polresta Sidoarjo AKP Sugeng Sulistiyono, Senin (23/5/2022).

"Selain itu pada bagian tengkorak kepala atas genjur dan kulit kening terkelupas. Luka robek di mulut sebelah kanan dan pelipis kanan," kata Sugeng.

Sedangkan untuk jenazah kedua bernama Agung Mochamad Sadeli, luka yang ditemukan yakni lebam. Luka robek di mulut dan pelipis kiri juga ditemukan.

"Lebam pada tubuh bagian depan karena ditemukan meninggal posisi tertelungkup," ujar Sugeng.

Polisi menyimpulkan temuan dua mayat di parit sawah di Sidoarjo bukan korban kecelakaan. Hal ini berdasarkan fakta-fakta setelah dilakukan gelar perkara di lokasi.

"Tak ada kerusakan sepeda motor pada bagian bodi depan sebelah kiri, kempol belakang sebelah kiri dan slebor depan. Kami juga tak menemukan serpihan bodi di atas plengsengan," kata Sugeng, Senin (23/5/2022).

"Ban dan velg sepeda motor bagian depan masih utuh, tidak menandakan adanya benturan," imbuhnya.

Tak hanya itu, Sugeng juga menyebut posisi jenazah yang bertumpuk di parit juga tak mengindikasikan sebagai kecelakaan. Untuk itu, pihaknya meyakini korban tewas bukan karena kecelakaan.

"Posisi jenazah saling bertumpuk dengan posisi bersebelahan kepala, Kami menyimpulkan bahwa dua jenazah tersebut bukan (korban) laka lantas," tandas Sugeng.



Simak Video "Penemuan Mayat Membusuk Tanpa Kepala Gegerkan Warga Purwakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/fat)