Resah Ditagih Bank 'Plecit' Malam Hari, Emak-emak di Banyuwangi Wadul Polisi

Ardian Fanani - detikJatim
Sabtu, 05 Mar 2022 22:32 WIB
Puluhan Warga Wadul ke Polisi ditagih rentenir
Emak-emak wadul karena ditagih bank plecit (Foto: Ardian Fanani/detikJatim)
Banyuwangi -

Puluhan warga Desa Sraten, Kecamatan Cluring Banyuwangi resah ditagih utang bank 'plecit'. Bank 'plecit' merupakan istilah meminjamkan uang dengan bunga tinggi atau rentenir. Pasalnya, mereka ditagih membayar utang menjelang dinihari. Mereka pun kompak mengadukan hal ini ke polisi.

Keresahan warga ini dialami selama hampir sebulan. Penagih datang ke rumah warga antara pukul 22.00 WIB hingga 24.00 WIB. Warga pun kemudian kompak mendatangi Mapolsek Cluring, untuk mengadukan petugas salah satu KSP di Banyuwangi ini.

SN (35) warga Sraten mengaku resah dengan penagih angsuran utang salah satu bank plecit di Banyuwangi. Sering kali petugas mendatangi rumah warga pada waktu saat warga beristirahat malam. Salah satu peminjam mengaku ditagih dengan menggedor pintu pada tengah malam sekitar pukul 22.00 WIB.

"Pintu rumah digedor saat saya akan istirahat, orang itu memaksa membuka pintu, saya dengar dari dalam kamar, padahal pitu saya kunci karena saya akan tidur," keluhnya.

Sebelumnya, petugas penagihan angsuran itu datang mengambil angsuran pada pagi atau sore hari. Namun entah mengapa beberapa minggu ini melakukan penagihan malam hari.

"Akhirnya saya tidak bukakan. Karena sudah malam. Suami saya satpam kan kerja malam. Takut juga nanti ada apa-apa," pungkasnya.

Sebelum ke polisi, warga telah melaporkan hal tersebut ke perangkat desa. Warga yang berkumpul di Desa Sraten Kurang lebih 25 orang selanjutnya mereka mendatangi Polsek Cluring. Kepala Desa Sraten H Rahman Mulyadi membenarkan kejadian itu.

Mereka ternyata mengeluh ulah perilaku tukang tagih dari salah satu KSP yang meminta uang tagihan pada malam hari.

"Warga saya mengeluh sering ditagih debt collector pada malam hari," jelas H Rahman.

Kapolsek Cluring AKP Agus Priyono membenarkan adanya warga mendatangi Polsek Cluring. Namun mereka belum mendapat laporan secara resmi soal tagihan rentenir di malam hari itu.

"Benar sejumlah warga datang ke kami tapi belum melapor," terangnya.



Simak Video "Oknum Polisi Jadi Backing Rentenir Tagih Utang, Propam Turun Tangan!"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)