Polisi Dilempar Bondet Saat Kejar Nelayan Nakal di Kangean, Pelaku Ditembak

Hilda Meilisa Rinanda - detikJatim
Jumat, 11 Feb 2022 08:33 WIB
Kabid Humas Polda Jatim Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko
Kabid Humas Polda Jatim Komber Gatot Repli Handoko/Foto: Amir Baihaqi
Surabaya -

Ditpolairud Polda Jatim menggagalkan praktik penangkapan ikan yang tak ramah lingkungan. Para pelaku menggunakan bom ikan atau bondet saat mencari ikan di perairan Kangean, Sumenep, Madura.

Saat kejadian, petugas memergoki 9 nelayan menggunakan bondet. Petugas pun mengejarnya, namun pelaku sempat melempar petugas menggunakan bondet yang mereka bawa.

Beruntung bom ikan yang meledak tidak sampai melukai petugas. Akhirnya, petugas terpaksa menembak salah satu nelayan berinisial FR dan mengenai bagian pantatnya.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko mengatakan tindakan tegas dan terukur itu dilakukan karena pelaku membahayakan petugas.

Meski tak sampai mengenai petugas, tetapi serpihan dari daya ledak bondet merusak buritan kapan yang digunakan patroli.

"Benar, jadi saat kapal patroli ditpolair melakukan patroli di perairan Kangean menemukan nelayan yang menangkap ikan menggunakan bondet. Kemudian, saat akan dilakukan penangkapan, salah satu dari mereka melemparkan bondet ke arah petugas. Sehingga dilakukan tindakan terukur," kata Gatot di Surabaya.

Usai temannya tertembak, delapan nelayan lainnya hanya bisa pasrah saat diamankan. Sementara, FR yang terluka langsung dibawa ke Rumah Sakit (RS) Bhayangkara untuk mendapatkan penanganan medis.

"8 orang lainnya, sudah kami periksa," tambahnya.

Di kesempatan ini, Gatot mengimbau para nelayan di Jawa Timur agar tidak menggunakan bondet dalam menangkap ikan. Selain merusak ekosistem, bom ikan tersebut juga membahayakan diri nelayan.

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat, agar tidak lagi menggunakan bondet untuk mencari ikan. Karena, selain dapat merusak ekosistem, daya ledaknya itu dapat membahayakan diri sendiri," pungkasnya.

Sementara dari tangan nelayan nakal itu, polisi menyita 1 unit kapal, beberapa alat selam dan beberapa bondet yang tidak berhasil dibuang pelaku di laut.



Simak Video "11 Nelayan di Sulbar Terciduk Gunakan Bom saat Tangkap Ikan"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/iwd)