Kadispendik Pasuruan Disanksi Penundaan Kenaikan Pangkat Setahun

Muhajir Arifin - detikJatim
Kamis, 10 Feb 2022 18:47 WIB
kadispendik pasuruan hasbullah
Kadispendik Hasbullah saat viral pidato ancaman mati ke wartawan dan LSM (Foto: Tangkapan layar)
Pasuruan -

Kadispendik Pasuruan, Hasbullah beberapa waktu lalu viral karena pidato dengan kalimat yang mengancam wartawan. Hasbullah harus menerima sanksi penundaan kenaikan pangkat satu tahun.

"Yang bersangkutan, berdasarkan PP Nomor 94 tahun 2021 tentang disiplin PNS, mendapatkan sanksi sedang berupa penundasan kenaikan pangkat selama satu tahun," kata Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Pasuruan, Anang Saiful Wijaya, Kamis (10/2/2022).

Anang membeberkan proses pemeriksaan Hasbullah sejak awal hingga diputuskan sanksi penundaan pangkat.

"Awal ditemukan kasus, malam hari Pak Bupati sudah memanggil yang bersangkutan dan yang bersangkutan ditegur keras secara lisan," jelas Anang.

Setelah itu, lanjut Anang, tim disiplin melakukan pemeriksaan pada yang bersangkutan. Beberapa saksi dari kepala sekolah, pengawas, guru dan pihak-pihak terkait juga diperiksa.

"Akhirnya diputuskan yang bersangkutan kena sanksi penundaan kenaikan pangkat selama satu tahun," pungkas Anang.

Seperti diberitakan, Hasbullah mengeluarkan kalimat ancaman mati kepada LSM dan wartawan. Kalimat itu terlontar saat pidato di depan para kepala sekolah dan jajarannya.

Video pidato Hasbullah itu viral dan mendapat reaksi banyak pihak. Reaksi disampaikan dalam berbagai bentuk mulai protes tertulis, aksi unjuk rasa hingga pelaporan ke polisi.



Simak Video "Satu Pelaku Pengeroyokan Wartawan Papua Pos di Jaktim Ditangkap!"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)