Ini Antisipasi Polisi di Surabaya Cegah Aksi Tawuran

Deny Prasetyo Utomo - detikJatim
Jumat, 28 Jan 2022 16:34 WIB
Kapolrestabes Surabaya Kombes Yusep Gunawan
Kapolrestabes Surabaya Kombes Yusep Gunawan/Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya -

Maraknya tawuran antar-kelompok yang terjadi akhir-akhir ini mendapat perhatian polisi Surabaya. Lalu apa yang akan dilakukan untuk menekan aksi tawuran di Kota Pahlawan ini?

Kapolrestabes Surabaya Kombes Akhmad Yusep Gunawan mengatakan pihaknya telah memerintahkan polsek jajaran agar selalu memonitor potensi tawuran. Tak hanya itu, pihaknya juga akan menggandeng sejumlah instansi lainnya.

"Potensi tawuran tetap kami monitor, polsek jajaran tetap intens melalukan antisipasi bersama Koramil, dalam hal ini TNI maupun para tokoh serta Satpol PP," ungkap Yusep kepada detikJatim, Jumat (28/1/2022).

Menurut Yusep, dalam menangani aksi tawuran ini, pihaknya akan tetap melakukan pola persuasif dan edukatif. Pihaknya juga akan menyentuh sejumlah tokoh masyarakat di titik-titik rawan tawuran.

"Pola-pola yang kita laksanakan tetap persuasif, kita laksanakan dengan edukatif, baik menyentuh para tokoh masyarakat di titik-titik rawan tawuran," ungkap Yusep.

Yusep juga mengimbau agar masing-masing lingkungan untuk saling mengawasi dan mengingatkan potensi munculnya tawuran. Hal ini bisa dimulai dari tingkat RT/RW agar bisa meminimalisir potensi tawuran.

"Pola lainnya kita akan melakukan pembatasan, penyekatan sehingga ruang titik yang potensi menjadi ruang tawuran, kita minimalisasi agar tidak terjadi," ujar Yusep.

Sedangkan untuk pengawasan di dunia maya, lanjut Yusep, pihaknya akan menggencarkan patroli siber di sejumlah platform media sosial. Pihaknya juga tak segan menindak tegas jika memang ditemukan provokasi atau ajakan untuk melakukan hal-hal yang membahayakan.

"Patroli siber, baik platform di media sosial kami juga melakukan. Artinya konten-konten, ajakan yang mengarah kepada aksi tawuran, Insya Allah kita akan lakukan tracking dan tindakan tegas, karena membahayakan dan menganggu ketertiban masyarakat," tandas Yusep.



Simak Video "Warga Bubarkan Siswa SMP di Bekasi yang Hendak Tawuran"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)