Sepekan, Maling Motor Terekam CCTV Pakai Pelat Palsu di Pasuruan

Muhajir Arifin - detikJatim
Jumat, 28 Jan 2022 11:13 WIB
Beredar video aksi maling motor yang bukannya untung malah buntung. Aksi curanmor itu terjadi di Kabupaten Pasuruan.
Foto: Tangkapan Layar
Pasuruan -

Pelaku pencurian motor menggunakan nomor pelat palsu sedang ngetren di Pasuruan. Hal itu diduga cara pelaku "menipu" kamera CCTV dan tak mudah terlacak.

Pada data yang dihimpun detikJatim Jumat (28/1/2022), dalam sepekan, ditemukan dua pencurian motor di minimarket terekam CCTV. Keduanya memasang pelat palsu pada motor yang dipakai beraksi. Satu di wilayah Grati, yang lainnya di wilayah Tutur.

Di wilayah Grati, pencurian motor dipergoki di minimarket Basmallah di Dusun Betotot, Desa Kedawung Wetan, Kecamatan Grati. Pelaku hanya membutuhkan waktu 40 detik untuk menggasak motor yang terparkir. Motor yang dicuri adalah Honda BeAT warna hitam nopol N 2040 XS.

Dalam rekaman CCTV, dua pelaku mengendarai sebuah motor Honda Scoopy warna merah di parkiran minimarket Basmallah. Namun, setelah dicek, nomor pelat motor pelaku ternyata palsu.

"Setelah dilakukan pengecekan, nomor pelat motor pelaku ternyata palsu," kata Kapolsek Grati, AKP Wilang Langsung, Selasa (25/1).

Peristiwa lainnya berlokasi di minimarket Basmalah Dusun Mesagi, Desa Wonosari, Kecamatan Tutur. Aksi pencurian itu berhasil digagalkan karyawan minimarket itu.

Empat karyawan mengeroyok pelaku yang hendak membawa kabur motor korban. Saat pelaku berusaha menyelamatkan diri dari kejaran warga, dia berlari ke arah hutan pinus. Walhasil, motornya ditinggal. Dari situ diketahui bahwa pelat motor yang digunakan juga palsu.

"Motor pelaku yang tertinggal memakai pelat nomor palsu," terang Kapolsek Tutur, AKP Kusmani, Rabu (26/1/2022).

Selain dua pencurian di Pasuruan yang terekam CCTV, tak menutup kemungkinan akan ada aksi pencurian motor lain dengan modus sama. Yakni pelaku yang menggunakan pelat motor palsu agar tak mudah terlacak. Pasalnya kasus pencurian motor kembali marak di Pasuruan.



Simak Video "Pura-pura Pesan Makanan, Pria Gasak HP Pengunjung Restoran"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)