Digelar Besok, Sidang Perdana Tubagus Joddy Terbuka untuk Umum

Enggran Eko Budianto - detikJatim
Rabu, 26 Jan 2022 13:39 WIB
tubagus joddy jadi tahanan kejari jombang
Tubagus Joddy di Kejari Jombang (Foto: Enggran Eko Budianto)
Jombang -

Sidang perdana sopir Vanessa Angel, Tubagus Joddy (24) digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jombang besok, Kamis (27/1). Sidang dengan agenda pembacaan dakwaan ini terbuka untuk umum.

"Sidang rencana besok, sidang pertama agendanya pembacaan dakwaan," kata Humas PN Jombang Muhammad Riduansyah kepada wartawan, Rabu (26/1/2022).

Sidang terhadap terdakwa Joddy, lanjut Riduansyah, bakal dipimpin Ketua Majelis Hakim Bambang Setiawan, serta dua hakim anggota Joni dan Sudirman. Ia memastikan sidang terhadap sopir mendiang Vanessa Angel dan Febri Andriansyah alias Bibi (31) itu terbuka untuk umum.

"Saya belum tahu juga (virtual atau tatap muka), tapi terbuka untuk umum. Apakah online itu terdakwa di lapas atau datang (ke PN Jombang) kami belum tahu," terangnya.

Kasipidum Kejaksaan Negeri Jombang Achmad Jaya juga belum mengetahui sidang dengan terdakwa Joddy akan digelar virtual atau tatap muka. "Saat ini kan masih pandemi, kayaknya masih virtual, tapi itu kewenangan hakim menentukan bagaimana sidangnya," jelasnya.

Jaya mengaku telah menunjuk 4 jaksa penuntut umum (JPU) untuk menyidangkan perkara kecelakaan yang menewaskan Vanessa Angel dan Bibi. Menurutnya, dakwaan terhadap Joddy sesuai dengan pasal yang diterapkan pada penyidikan.

"(Dakwaan) Besok saja ya pada saat dakwaan dibacakan di persidangan, masih sama sekitar penyidikan itu," tandasnya.

Artis Vanesza Adzania alias Vanessa Angel (27) dan suaminya Febri Andriansyah alias Bibi (31) tewas dalam kecelakaan tunggal di KM 672+400A Astra Tol Jomo pada Kamis (4/11) sekitar pukul 12.30 WIB. Mobil Pajero Sport nopol B 1264 BJU yang mereka tumpangi menabrak barier di sisi kiri jalan.

Mobil sport warna putih itu dikemudikan Tubagus Joddy (24), warga Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, Bogor. Vanesa dalam perjalanan dari Jakarta ke Surabaya bersama putranya, Gala Sky Andriansyah (1 tahun 7 bulan) dan pengasuh Gala, Siska Lorensa (21), warga Cililin, Bandung Barat.

Gala selamat dengan luka di mata kiri dan lecet di dahi kanan. Joddy hanya mengeluh nyeri pada pinggul. Sedangkan Siska menderita luka pada tangan, serta dua jari dan dua giginya patah.

Penyidik Satlantas Polres Jombang menetapkan Tubagus Joddy sebagai tersangka pada 10 November 2021. Ia dinilai lalai sehingga menyebabkan kecelakaan yang menewaskan Vanessa dan Bibi. Joddy dijerat dengan pasal 310 ayat (4) dan atau pasal 311 ayat (5) UU RI nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Keesokan harinya, Kamis (11/11), Joddy ditahan di Rutan Polres Jombang. Penyidik melakukan tahap 2 atau menyerahkan tersangka dan barang bukti ke Kejaksaan Negeri Jombang pada Senin (10/1). Karena berkas penyidikan perkara kecelakaan maut itu dinyatakan lengkap (P21).



Simak Video "Joddy Divonis 5 Tahun Penjara, Sim A Miliknya Dicabut 2 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)