Joddy Sopir Vanessa Angel Dipindah ke Lapas Jombang

Tim detikcom - detikJatim
Sabtu, 22 Jan 2022 17:44 WIB
Tubagus Joddy segera sidang
Foto: dokumen Kemenkumham Jatim
Surabaya -

Kasus kecelakaan yang menewaskan Vanessa Angel dan suaminya telah masuk ke meja hijau. Tersangka sopir Vanessa, Tubagus Muhammad Joddy yang sebelumnya ditahan di Rutan Polres Jombang, hari ini dipindah ke Lapas Jombang.

Plt Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jatim Gun Gun Gunawan membenarkan hal ini. Kasus kecelakaan ini akan segera disidangkan.

"TMJ dikirim dengan pengawalan polisi dan JPU dan diterima oleh petugas bagian registrasi Lapas Jombang," ujar Gun Gun, Sabtu (22/1/2022).

Gun Gun mengatakan selanjutnya Joddy akan ditempatkan di blok isolasi dan mapenaling. Sesuai SOP, Joddy harus mengikuti pembinaan di blok tersebut selama dua minggu ke depan.

"Sebelumnya sudah dites swab antigen dan hasilnya negatif," tambahnya.

Sementara itu, Kalapas Jombang Mahendra Sulaksana menegaskan tidak ada perlakuan khusus pada Joddy. Dia diperlakukan sama dengan seluruh WBP yang ada. Apa lagi tingkat overkapasitas di Lapas Jombang hampir mencapai 500%.

"Saat ini jumlah warga binaan 990 orang dari kapasitas normal 200 orang," terang Mahendra.

Sebelumnya, artis Vanesza Adzania alias Vanessa Angel (27) dan suaminya Febri Andriansyah alias Bibi (31) tewas dalam kecelakaan tunggal di KM 672+400A Astra Tol Jomo pada Kamis (4/11) sekitar pukul 12.30 WIB. Mobil Pajero Sport nopol B 1264 BJU yang mereka tumpangi menabrak barier di sisi kiri jalan.

Mobil sport warna putih itu dikemudikan Tubagus Joddy (24), warga Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, Bogor. Vanesa dalam perjalanan dari Jakarta ke Surabaya bersama putranya, Gala Sky Andriansyah (1 tahun 7 bulan) dan pengasuh Gala, Siska Lorensa (21), warga Cililin, Bandung Barat.

Gala selamat dengan luka di mata kiri dan lecet di dahi kanan. Joddy hanya mengeluh nyeri pada pinggul. Sedangkan Siska menderita luka pada tangan, serta dua jari dan dua giginya patah.

Penyidik Satlantas Polres Jombang menetapkan Tubagus Joddy sebagai tersangka pada 10 November 2021. Ia dinilai lalai sehingga menyebabkan kecelakaan yang menewaskan Vanessa dan Bibi. Joddy dijerat dengan pasal 310 ayat (4) dan atau pasal 311 ayat (5) UU RI nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.



Simak Video "Berkas Kasus Kecelakaan Vanessa Angel Sudah P21, Apa Kata H. Faisal?"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/sun)