Waspada! Ada WA Palsu Catut Nama Wali dan Wawali Kota Blitar Minta Sumbangan

Erliana Riady - detikJatim
Rabu, 19 Jan 2022 21:44 WIB
penipuan catut wali kota blitar
Foto: Tangkapan layar
Blitar -

Beredar akun WhatsApp palsu mencatut profil Wali Kota dan Wawali Kota Blitar. Akun palsu itu digunakan untuk penggalangan dana yang akan dibagikan kepada beberapa yayasan.

Postingan klarifikasi Kominfo Pemkot Blitar di media sosial memperlihatkan akun palsu nama Wawali Kota Blitar, Tjujuk Sunario beserta foto profilnya. Akun palsu Tjujuk itu mengirim pesan kepada pengurus masjid di Kota Blitar.

Sedangkan nama Wali Kota Blitar, Santoso, dicatut akun yang memakai nomor 0812 5915 8786. Dalam aplikasi percakapan itu, Santoso yang mengaku sebagai pengurus Laznas Yatim Mandiri berencana menggalang donasi yang akan dibagikan kepada beberapa yayasan atau lembaga.

Kominfo Pemkot Blitar dalam postingannya di medsos memastikan, jika kedua akun tersebut palsu. Wawali Kota Blitar, Tjujuk Sunario ketika dihubungi juga memastikan, jika profil dan namanya dicatut pihak lain di nomor tersebut.

"Kalau diatasnamakan saya dan Wali Kota, lalu judulnya untuk minta uang, saya pastikan tidak benar. Saya tidak pernah minta itu. Mudah-mudahan kalau ada pesan aneh-aneh seperti itu ditolak," kata Tjutjuk.

Walaupun foto profil dan namanya dicatut pihak tak bertanggung-jawab, namun Tjujuk belum berencana melaporkannya ke pihak kepolisian.

"Saya imbau masyarakat menolak kalau ada yang minta-minta uang mengatas-namakan saya atau Bapak Wali Kota. Nanti kalau memang sudah ada korban, baru kita laporkan polisi," pungkasnya.



Simak Video "Wanita Ini Rugi Puluhan Juta Gegara Tergiur Minyak Goreng Murah"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)