Ada 'Joko Tingkir' di Megilan Karnaval Lamongan

Eko Sudjarwo - detikJatim
Rabu, 31 Agu 2022 16:13 WIB
joko tingkir di Megilan Karnaval Lamongan
Joko Tingkir berperang saat menjadi Sultan Pajang di Megkarnaval (Foto: Eko Sudjarwo/detikJatim)
Lamongan -

Megilan Karnaval atau megkarnaval benar-benar digelar meriah. Beragam kreasi mengemuka saat pawai karnaval keliling sejumlah ruas jalan Kota Lamongan itu. Tidak hanya pelajar, kalangan umum juga turut memeriahkan karnaval ini.

Salah satu tema yang menarik dalam karnaval ini yakni sosok 'Joko Tingkir'. Dalam iringan-iringan 'Joko Tingkir' itu tergambarkan bersama raja, ulama penyebar agama Islam dan para prajuritnya. Setelah itu rombongan yang dipersembahkan dari SMA Negeri 3 Lamongan, itu melakukan aksi drama kolosal.

Drama kolosal itu menggambarkan bagaimana sosok Joko Tingkir yang memiliki panggilan Mas Karebet saat masih kecil ini merupakan murid kesayangan Sunan Kalijaga. Digambarkan sosok Joko Tingkir semenjak melepas masa bakti sebagai raja Kesultanan Pajang, Jaka Tingkir pergi ke sebuah kampung terpencil tepatnya di Desa Pringgoboyo, Kecamatan Maduran, Lamongan untuk menyebarkan agama Islam hingga wafatnya.

Ada 'Joko Tingkir' di Megilan Karnaval Lamongan'Joko Tingkir' berperang di Megilan Karnaval Lamongan/ Foto: Eko Sudjarwo

Digambarkan juga suasana ketika Joko Tingkir sedang berperang semasa menjadi Sultan Pajang. Gambaran peperangan yang dialami oleh Joko Tingkir ini divisualisasikan lengkap dengan para prajurit yang dibawakan secara apik oleh para pelajar ini.

Selain itu ada akulturasi budaya peradaban Islam-China persembahan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Lamongan. Nuansa perpaduan 2 budaya ini kian kental dengan nuansa merah khas China.

"Memang untuk Megkarnaval kali ini kami mengambil tema akulturasi budaya peradaban Islam-China," kata Wakasek Kesiswaan MAN Lamongan Titik Lestari di sela-sela Megkarnaval, Rabu (31/8/2022).

Di sepanjang jalan yang dilalui, para pelajar dari MAN Lamongan ini juga membawakan aksi teatrikal yang menggambarkan bagaimana Putri Cempo tertarik dengan Sunan Giri. Putri Cempo yang kagum dan terpesona dengan watak dan keluhuran budi pekerti Sunan Giri. Putri jelita yang ternyata adalah seorang saudagar negeri Campa ini menaruh hati Sunan Giri.

ada joko tingkir di Megilan Karnaval LamonganBudaya peradaban Islam-China di Megilan Karnaval Lamongan/ Foto: Eko Sudjarwo

"Kita tadi memang juga menampilkan aksi teatrikal yang menggambarkan putri Cempo yang tertarik dengan kanjeng Sunan Giri," ujarnya.

Parade yang diikuti siswa-siswi tingkat SMP/MTs/sederajat, SMA/MA/sederajat, umum, instansi, dan badan usaha di Lamongan itu juga dibaluti kostum menarik dan dilengkapi ornamen kreasi adat kebangsaan Indonesia.

"Mari kita semarakkan dan tunjukkan keragaman budaya yang dimiliki Lamongan melalui Megkarnaval ini," tutur Bupati Lamongan Yuhronur Effendi saat memberangkatkan peserta pawai.

Ada 36 regu turut serta meramaikan Megkarnaval yang melewati rute yang sudah ditentukan ini. Terdapat 2 rute dari kategori SMP dan SMA akan melewati rute pendek dari start, menuju Jl. Wahidin, Jl. Suwoko, Jl. Sumargo, Jl. Sunan Drajat, Jl. Andanwangi, Jl. Andansari, Jl. Ahmad Yani, dan kembali ke finish yakni Pendopo Lokatantra. Untuk kategori umum akan melewati rute panjang yang diberangkatkan dari start, menuju Jl. Andansari, Jl. Basuki Rahmat, Jl. Sunan Giri, Jl. Sunan Kalijaga, Jl. Ahmad Yani, dan berakhir di Pendopo Lokatantra.



Simak Video "2 Konten Kreator TikTok Sukses Cetak Rekor MURI"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)