Megilan, Band Lamongan Ini 3 Kali Diundang Tampil Konser di Suriname

Eko Sudjarwo - detikJatim
Senin, 15 Agu 2022 19:33 WIB
Gafarock saat tampil di Suriname
Band Asli Lamongan Gafarock saat manggung di Suriname. (Foto: Istimewa/dok Gafarock)
Lamongan -

Anak muda Lamongan pasti ingat. Pada 2017 ada band rock asal Lamongan yang viral gegara meng-cover lagu Ride yang dipopulerkan Band Twenty One Pilots menjadi lagu rock dengan lirik Bahasa Jawa berjudul 'Cokot Macan'. Nama grup musisi asal Lamongan itu Gafarock Band.

Band ini benar-benar megilan! Baru-baru ini mereka diundang untuk tampil dalam sebuah konser di Suriname, Amerika Selatan. Mereka diundang dalam event peringatan 'The immigration Day of Javanese in Suriname'.

"Alhamdulillah tahun ini dapat undangan event konser di Negara Suriname lagi untuk memperingati The immigration Day of Javanese in Suriname. Ini merupakan kali ketiga kami diundang ke Suriname," kata pentolan Gafarock Band, Faiz dalam perbincangannya dengan detikJatim, (15/8/2022)

Kedatangan Gafarock ke Suriname kali ini tidak sendiri. Mereka datang dengan salah satu penyanyi dari Indonesia yakni Yudith Nurvita. Sekedar diketahui, Yudith adalah penyanyi pendatang baru jebolan dari grup Lare Jawi yang dulu pernah menjadi backing vocal almarhum Didi Kempot.

"Kami datang ke Suriname dengan mbak Yudith Nurvita, dulunya di grup Lare Jawi dan pernah menjadi backing vocalnya Almarhum Didi Kempot," ujar Faiz.

Selama di Suriname, kata Faiz, mereka tercatat 3 kali mengikuti konser yakni pada saat peringatan Hari Wong Jowo pada 31 Juli 2022, konser kedua di kota Nickerie pada 8 Agustus 2022, dan terakhir pada 9 Agustus 2022 di monumen kedatangan orang Jawa di kota Marienburg.

Faiz mengaku mereka senang bisa tampil di Suriname di hadapan orang-orang Suriname yang sebagian besar merupakan keturunan Jawa dan memakai bahasa Jawa sebagai bahasa sehari-hari mereka.

"Alhamdulillah kami tampil 3 kali, tanggal 31 Juli, 8 Agustus di kota Nickerie dan 9 Agustus di Monumen Orang Jawa. Senang sekali, mereka sangat antusias menyanyikan lagu-lagu yang kami bawakan," ujarnya.

Faiz juga mengaku bangga karena penampilan Gafarock berhasil menghipnotis para penonton. Semua penonton, ujar Faiz, sangat antusias turut menyanyikan lagu-lagu Jawa yang dibawakan Gafarock dan Yudith Nurvita.

"Semoga semakin banyak musisi lokal yang bangga terhadap budaya daerahnya dan bisa mengenalkannya ke daerah lain di Indonesia bahkan dunia, apalagi sekarang adanya teknologi sangat membantu untuk berkarya," harap Faiz.

Untuk diketahui, The immigration Day of Javanese in Suriname atau dalam bahasa Suriname Dag der Javaanse Immigratie adalah hari libur nasional untuk memperingati kedatangan orang Jawa di negara Suriname yang diperingati setiap tahun pada 9 Agustus.

Suriname adalah salah satu negara di Amerika Selatan dimana banyak keturunan Jawa tinggal. Almarhum Didi Kempot juga berkali-kali mengikuti atau menggelar konser di Suriname.



Simak Video "Keluarga Masih Berupaya Bikin Konser Tribute to Didi Kempot di GBK "
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)