Saat Gus Muwafiq Jengkel Minta Lagu Joko Tingkir Tak Dinyanyikan Lagi

Tim detikJatim - detikJatim
Minggu, 14 Agu 2022 20:09 WIB
gus muwafiq di channel youtube nya, GusMuwafiqChannel
Gus Muwafiq (Foto: Tangkapan Layar GusMuwafiqChannel)
Surabaya -

KH Ahmad Muwafiq yang akrab dipanggil Gus Muwafiq mengaku jengkel dengan lagu 'Joko Tingkir Ngombe Dawet'. Ia menyebut pencipta lagu itu ngawur hingga meminta siapa pun tidak lagi menyanyikan lagu itu.

"Mulo kulo juwengkel lek wonten lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet. Iki sopo sing ngarang... ngawur ae (Saya jengkel jika ada lagu 'Joko Tingkir Ngombe Dawet'. Ini siapa yang mengarang. Ngawur saja)," ujarnya di video yang dilihat detikJatim di YouTube Gus Muwafiq Channel, Minggu (14/8/2022).

Video Gus Muwafiq tentang lagu 'Joko Tingkir Ngombe Dawet' itu viral beberapa minggu ini. Untuk mengutip video dakwah tersebut detikJatim telah meminta izin kepada Gus Muwafiq.

Di dalam video dakwah itu, ulama kharismatik ini juga menceritakan tentang silsilah leluhur para ulama yang menyiarkan agama Islam. Menurutnya, nama Joko Tingkir ini bukanlah nama sembarangan.

Joko Tingkir adalah nama dari Sultan Hadiwijaya, Sultan Pajang kala itu. Beliau adalah bapak dari Pangeran Benowo yang juga menantu Sultan Trenggono dan murid dari Wali Songo yakni Sunan Kalijaga.

"Ini bukan nama sembarangan. Ini Joko Tingkir. Dia ini Sultan Pajang, Sultan Hadiwijoyo (Sultan Hadiwijaya), bapaknya Pangeran Benowo, menantu Sultan Trenggono, dan murid Sunan Kalijaga," katanya.

Sosok Sultan Hadiwijaya menurutnya adalah sosok ulama besar dan raja besar. Tidak hanya itu, Joko Tingkir juga masih memilik kaitan dengan Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.