Warga Sekitar Tambang Emas Banyuwangi dapat Program Pembuatan Paving Blok

Ardian Fanani - detikJatim
Rabu, 21 Sep 2022 18:30 WIB
Pemberdayaan masyarakat pt bsi
Warga diberdayakan dengan pembuatan paving (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Pemberdayaan masyarakat di sekitar tambang emas Gunung Tumpangpitu, Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi terus dilakukan. Salah satunya adalah program pembuatan paving blok guna pembangunan fasilitas umum masyarakat dan perusahaan tambang emas.

Berkat bantuan dari perusahaan pertambangan emas Tujuh bukit operations, PT Bumi Suksesindo, anak perusahaan dari PT Merdeka Copper Gold Tbk, warga pun semringah dapat bekerja untuk meningkatkan perekonomian keluarga.

Tempat kegiatan produksi berada di lingkungan RT 05, RW01, tidak jauh dari pesisir pantai Pulau Merah di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

Kordinator pekerja, Mujiyanto, mengatakan, kegiatan telah dimulai sejak sebulan yang lalu, tepatnya awal Agustus 2022. Untuk program tersebut, pihak perusahaan memberikan semua peralatan yang dibutuhkan, termasuk tempat untuk kegiatan produksinya.

Untuk para pekerjanya, perusahaan memberikan kesempatan kepada warga masyarakat setempat untuk terlibat bekerja.

Pemberdayaan masyarakat pt bsiPemberdayaan masyarakat oleh PT BSI (Foto: Ardian Fanani)

"Mereka yang bekerja itu non skill, yang tidak bisa diterima bekerja di PT BSI," kata Mujiyanto kepada wartawan, Rabu (21/9/2022).

Mujiyato menambahkan dengan adanya program ini menurutnya, dapat membuka peluang dan kesempatan kerja baru. Bagi mereka yang selama ini sulit mencari pekerjaan, atau hanya bekerja serabutan saja, akhirnya memiliki pekerjaan tetap.

"Sudah ada 8 orang pekerja, yang setiap harinya melakukan kegiatan membuat paving," tambahnya.

Untuk kualitas hasil produksi, dijamin tidak kalah mutunya dengan hasil produksi para pelaku usaha yang telah ada lebih dulu. Dalam satu sak semen, dipergunakan untuk membuat 120 biji paving dan dalam sehari, dengan pekerja yang ada mampu menghasilkan 1.300 paving.

Penggunaan paving sementara adalah untuk memperbaiki jalan-jalan di perumahan kampung nelayan Pancer yang diusulkan oleh masyarakat ke perusahaan agar dilakukan perbaikan.

Mujiyanto berharap, usaha yang dijalankan dapat segera berkembang pesat, produk diterima di pasaran, sehingga kegiatan produksinya lancar serta bisa menyerap tenaga kerja lebih banyak lagi.

Ditambahkan oleh Konsultan PT Merdeka Copper Gold Tbk, Caesar Muhni Rizal, menyampaikan bahwa pihaknya berkomitmen untuk terus bersinergi dan memberi manfaat kepada masyarakat Banyuwangi. Khususnya masyarakat di wilayah ring satu PT BSI. Pria yang akrab disapa Echa ini mengaku telah bersinergi dengan warga masyarakat Pancer, dalam pembangunan ekonomi masyarakat.

"Hal ini sudah mulai jalan. Kami perlu menggandeng masyarakat dalam pembangunan dan investasi di sekitar tambang emas," katanya.

Tak hanya sampai ini saja, rencananya akan ada penambahan mesin pembuat paving blok, agar menyerap tenaga kerja lebih banyak. Tentunya tak hanya kegiatan program pembuatan paving blok, namun juga berbagai program lain yang bisa menunjang perekonomian warga dan kelancaran investasi di Banyuwangi.

"Kita akan menambahkan mesin agar bisa menyerap tenaga kerja lebih banyak. Bisa sampai 40 orang (pekerja). Tentu masih banyak program yang akan kita luncurkan. Tentu dengan menggandeng masyarakat sekitar, agar prekoemian warga terbantu," pungkasnya.



Simak Video "Meraup Jutaan Rupiah dari Budidaya Anggrek"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)