Harga Telur di Malang Tembus Rp 30 Ribu, Pakan Mahal Jadi Alasan

Muhammad Aminudin - detikJatim
Senin, 15 Agu 2022 15:53 WIB
Peternakan ayam petelur di Malang
Peternak ayam petelur di Malang (Foto: Muhammad Aminudin/detikJatim)
Malang -

Harga telur ayam di Malang kembali mengalami kenaikan. Saat ini, harga satu kilogram telur ayam mencapai Rp 30 ribu. Kenaikan harga ini karena imbas tingginya harga pakan. Peternak khawatir akan gulung tikar karena terus melambungnya harga pakan.

Salah satu peternak ayam petelur di Kelurahan Wonokoyo, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Sugeng menyatakan, harga pakan ayam tak kunjung turun sejak pandemi COVID-19.

Pihaknya terpaksa menaikkan harga jual telur ayam untuk menutup besarnya biaya pembelian pakan itu.

"Satu sak konsentrat harga normal Rp 335.000 dan sekarang Rp 471.000. Harga jagung normalnya Rp 3.600 sekarang Rp 5.900 per kilogram," ungkap Sugeng saat ditemui wartawan, Senin (15/8/2022).

Dengan begitu, kata Sugeng, harga telur juga ikut naik. Dari peternak, ia menjual telur ayam Rp 27 ribu per kilogram. Lalu, para pengecer menjual di harga kisaran Rp 28.500 sampai Rp 30 ribu.

Sugeng mengungkapkan, dalam sehari, seribu ekor ayam ternak miliknya dapat menghasilkan 60 kilogram telur.

Namun, meski telah menaikkan harga telur ayam, dampak kenaikan harga pakan tersebut membuat keuntungan Sugeng menipis. "Tapi iya itu, untungnya nipis, karena harga pakannya tinggi," ungkapnya.

Kondisi itu juga yang membuat tak sedikit para peternak ayam petelur yang harus gulung tikar. Menurut Sugeng, di wilayahnya hanya terdapat empat peternak yang masih bertahan.

"Kalau harga telur turun, peternak bisa bangkrut. Karena harga pakan cukup tinggi. Alhamdulillah saya bisa bertahan karena ada yang bantu suplai pakan," bebernya.

Sugeng menambahkan, peternak sangat berharap terhadap pemerintah agar dapat mengendalikan harga pakan yang melambung tinggi.

"Semoga pihak pemerintah bisa mengendalikan harga pakan ternak, bisa stabil agar ada kepastian untuk keberlangsungan usaha,"pungkasnya.



Simak Video "Mendag Zulhas Sebut Bansos Jadi Penyebab Harga Telur Naik"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/iwd)