2 Kali Sidak Pasar di Surabaya, Mendag Klaim Harga Kebutuhan Pokok Turun

Faiq Azmi - detikJatim
Minggu, 14 Agu 2022 10:54 WIB
Mendag RI, Zulkilfi Hasan  Sidak Pasar di Surabaya
Mendag Zulhas sidak Pasar Kupang Surabaya (Foto: Faiq Azmi/detikJatim)
Surabaya -

Mendag RI, Zulkilfi Hasan (Zulhas) kembali melakukan sidak ke pasar-pasar di Surabaya. Kali ini sidak di Pasar Dukuh Kupang, Surabaya. Dia menyebut sejumlah harga bahan pokok sudah turun. Terlebih, saat dirinya menjadi Mendag, harga-harga di pasar relatif stabil.

Sebelumnya, Minggu (31/7/2022) mendag sidak di Pasar Wonokromo. Dirinya terkejut dengan harga-harga sembako yang masih mahal. Saat itu harga bawang merah KW 1 dengan harga Rp 28 ribu, dan bawang merah KW 2 dengan harga Rp 25 ribu per kg.

"Jadi tadi kita lihat harga minyak goreng curah Rp 14 ribu, sekarang pake kemasan (Minyak Kita). Daging tadi murah ya, turun jadi Rp 120 ribu dulu waktu (pertama) Menteri saya Rp 155 ribu, sekarang Rp 120 ribu per kg," kata Zulhas usai meninjau Pasar Dukuh Kupang, Surabaya, Minggu (14/8/2022).

Zulhas juga membeberkan, harga bawang sudah turun drastis. Dari awalnya berkisar di angka Rp 80 ribu, kini hanya menjadi Rp 28 ribu per kg.

Selanjutnya, kata Zulhas, temuan dirinya di Pasar Dukuh Kupang Surabaya menunjukkan harga ayam yang sempat menyentuh Rp 52 ribu, kini turun menjadi Rp 34 ribu per kg.

Sebelumnya saat sidak pada Juli 2022 lalu, harga daging ayam yang dijual di Pasar Keputran seharga Rp 36 ribu-Rp 38 ribu per kg.

"Telur kita cek lagi ya nanti di tempat lain, kalau di sini Rp 30 ribuan. Ya artinya harga sudah stabil di Jatim, Jabar, Jogja semua. Kemarin saya kirim 143 liter minyak kita ke Papua jadi mudah-mudahan harganya turun dan sudah terkendali," terangnya.



Simak Video "Mendag Zulhas Bagikan Cabai-Minyak Goreng di Jambi"
[Gambas:Video 20detik]