Ide Bisnis Menjanjikan Pemuda Lumajang dengan Ternak Hamster, Mau Mencoba?

Nur Hadi Wicaksono - detikJatim
Senin, 27 Jun 2022 13:51 WIB
budidaya hamster di lumajang
Ternak hamster buka peluang usaha (Foto: Nur Hadi Wicaksono/detikJatim)
Lumajang -

Peluang usaha dengan modal kecil bisa dilakukan warga Lumajang. Dia menangkap peluang ini dan menangkal anggapan jika menjadi entrepreneur tak melulu soal modal besar saja.

Eko Romadhoni warga Desa Karang Bendo, Kecamatan Tekung, Lumajang, memanfaatkan serambi rumah yang tidak terpakai dijadikan tempat ternak hamster.

Menjadi seorang pengusaha tak melulu soal modal yang besar. Salah satu peluang usaha yang bisa anda coba dengan modal ratusan ribu rupiah adalah ternak hamster.

Dia membudi dayakan ratusan ekor hamster dengan 4 jenis. Di antaranya hamster jenis sirian, Campbell, winter white dan roborovski.

Pemuda 25 tahun ini mulai membudidayakan hamster sejak tahun 2019. Awalnya budi daya hamster tersebut usaha sampingan saat bekerja sebagai karyawan sablon. Namun karena pandemi COVID-19, membuatnya resign dari tempat dia bekerja.

"Awalnya usaha budidaya hamster ini merupakan sampingan ketika saya bekerja sebagai karyawan sablon. Namun, setelah saya resign dari tempat bekerja karena pandemi COVID-19 saya menekuninya," ujar pembudi daya hamster Eko Romadhoni kepada detikJatim, Senin (27/6/2022).

budidaya hamster di lumajangBudi daya hamster di Lumajang/ Foto: Nur Hadi Wicaksono

Dalam menekuni budi daya hamster miliknya, Eko mengaku dalam satu bulan bisa menjual ratusan ekor anakan hamster dengan keuntungan belasan juta rupiah.

"Sekarang bisa mendapatkan keuntungan belasan juta rupiah per bulan," tambahnya.

Selama ini, tambah dia, harga satu ekor hamster dijual mulai Rp 15.000 hingga Rp 100.000, tergantung jenis hamster. Peminatnya pun makin banyak. Alasan membeli hamster yakni warna bulu yang menarik dan lucu.

"Saya rencana mau membeli 10 ekor karena saya dan anak saya suka. Mulai sejak kecil saya suka hamster," ujar salah satu pembeli, Herianto.

Selama ini, membudi dayakan hamster cukup mudah. Yakni membersihkan kandang secara rutin, pemberian makan dua kali sehari berupa ampas tahu dan pelet ternak.



Simak Video "Cerita Peternak Hamster Lumajang: Modal Minim, Keuntungan Bukan Main"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)