Tradisi Unik Warga Banyuwangi Borong Emas Jelang Ramadan

Tradisi Unik Warga Banyuwangi Borong Emas Jelang Ramadan

Ardian Fanani - detikJatim
Kamis, 31 Mar 2022 17:34 WIB
toko emas di banyuwangi
Penjualan emas di Banyuwangi sebelum ramadan (Foto: Ardian Fanani/detikJatim)
Banyuwangi -

Tradisi unik masyarakat Banyuwangi jelang ramadan salah satunya belanja perhiasan emas. Kebiasaan ini akan semakin tinggi menjelang lebaran. Aparat keamananpun meningkatkan patroli memastikan keamanan. Polisi juga meminta para pemilik toko emas untuk meningkatkan kewaspadaan dan memasang CCTV untuk pengamanan.

Beberapa toko emas terlihat dipenuhi masyarakat yang berbelanja perhiasan. Tak sedikit mereka melihat-lihat perhiasan yang berada di etalase.

Marni (35) warga Banyuwangi mengaku sengaja membeli emas untuk lebaran nanti. Karena menurutnya tradisi dari keluarga selalu membeli emas menjelang puasa ataupun menjelang lebaran.

"Mumpung ada uang. Makanya beli. Kalau jelang lebaran biasanya banyak kebutuhan. Jadi beli sekarang," ujarnya kepada wartawan, Kamis (31/3/2022).

Marni mengaku menukar kalung emasnya dengan gram yang lebih berat. Dari 10 gram menjadi 15 gram.

"Ini juga menjadi investasi saya. Karena saya suka nabung emas. Tapi memang tradisi keluarga kami ya beli setiap mau puasa atau lebaran," katanya.

Salah seorang pemilik toko emas di Jalan Susuit Tubun, Yuli, menyatakan, setiap menjelang ramadan memang terjadi peningkatan pembelian perhiasan. Namun perempuan ini tidak menyebutkan berapa persen peningkatan tersebut.

"Jelang puasa itu meningkat, nanti awal puasa normal lagi. Pas menjelang lebaran lebih banyak lagi yang membeli perhiasan," jelasnya.

Saat ini, lanjutnya, harga emas muda yaitu emas dengan kadar emas murni di bawah 70 persen per gramnya seharga Rp 400 ribu. Sedangkan emas tua yakni emas yang kandungan logam emas murninya di atas 70 persen harganya terpaut Rp300 ribu lebih mahal.

"Harganya mencapai Rp700 ribu per gram," jelasnya.

Merespons meningkatnya pembelian emas ini, polisi mulai meningkatkan patroli ke sejumlah obyek vital termasuk ke sejumlah toko emas yang ada di wilayah Banyuwangi. Petugas juga mengingatkan pemilik toko emas untuk meningkatkan kewaspadaan.

"Kita mengingatkan teman-teman pemilik toko emas untuk meningkatkan kewaspadaan mendekati Ramadan ini, karena pembeli cukup meningkat," jelas Kapolsek Banyuwangi, AKP Kusmin.

Dia meminta para pemilik toko emas untuk melengkapi dan mengaktifkan CCTV demi keamanan masing-masing toko. Kusmin menegaskan, selama bulan ramadan hingga hari raya Lebaran pihaknya akan meningkatkan patroli dan menempatkan anggota di wilayah yang rawan kriminalitas.

"Nanti selama bulan suci ramadan akan dilakukan patroli di obyek vital, di perbankan dan toko emas dan tempat rawan kriminalitas lainnya," tegasnya.



Simak Video "Garis Polisi Terpasang di Toko Emas Mal Serpong Usai Perampokan"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)