Beda Harga Telur Ayam Tingkat Peternak dan Pasar di Lamongan

Eko Sudjarwo - detikJatim
Jumat, 18 Mar 2022 14:58 WIB
harga telur di peternak dan pedagang di lamongan
Peternak ayam di Lamongan (Foto: Eko Sudjarwo/detikJatim)
Lamongan -

Tingginya harga telur ayam di pasar ternyata berbanding terbalik dengan harga telur di tingkat peternak. Per hari ini, harga telur di tingkatan peternak Lamongan hanya sebesar Rp 20 ribu/kg.

Para peternak ayam petelur di Lamongan mengaku harga telur ayam di tingkat peternak memang jauh dari harga pasar. Di tingkatan peternak, harga telur per hari ini hanya sebesar Rp 20 ribu/kg atau naik Rp 200 dibanding sehari sebelumnya yang hanya Rp 19.800/kg.

"Perhari ini harga telur ayam hanya Rp 20 ribu, naik Rp 200 dari harga kemarin yang hanya Rp 19.800," kata Junet, salah seorang peternak ayam petelur di Lamongan kepada wartawan, Jumat (18/3/2022).

Hal yang sama juga diakui Hardi, peternak ayam petelur lainnya yang ada di Lamongan. Hardi mengaku dengan harga yang hanya Rp 20 ribu/kg kondisi peternak ayam belum bisa untung alias impas jika dibandingkan antara harga pakan yang terus naik dan harga telur. Bahkan, kalau harga di bawah Rp 20 ribu saja peternak masih merugi.

"Ya jelas impas pak, harga telur hanya naik sedikit, sementara harga pakan terus merangkak naik," ujarnya.

Sebenarnya, kata Hardi, permintaan peternak ke pemerintah untuk menstabilkan harga telur atau membuat aturan Harga Eceran Tertinggi (HET) di tingkatan peternak. Untuk kondisi saat ini, Hardi meminta agar telur ayam bisa dihargai Rp 21 ribu atau Rp 21.500/kg agar peternak bisa sedikit mendapatkan keuntungan.

"Permintaan kami sebenarnya tidak repot-repot kok, kami ingin ada Harga Eceran Tertinggi (HET) di tingkatan peternak, setidaknya di harga Rp 21 ribu atau Rp 21.500 di tingkatan peternak," akunya.

Junet dan Hardi sendiri mengaku tidak tahu mengapa terjadi perbedaan harga yang begitu tinggi antara harga di peternak dengan di pasar. Jika harga telur di pasar-pasar di Lamongan saat ini Rp 23 ribu hingga Rp 24 ribu/kg, ungkap Hardi, berarti ada sesuatu yang tidak beres.

"Kami tidak tahu apa penyebabnya, yang jelas kemungkinan ada permainan harga karena di tingkatan peternak hanya Rp 20 ribu," ucapnya.

Pantauan di sejumlah pasar yang ada di Lamongan, pekan ini telur ayam berada di harga Rp 24 ribu/kg. Harga telur ini naik seribu rupiah dari pekan lalu Rp 23 ribu. Seperti yang terlihat di Pasar Sidoharjo Lamongan di mana pekan ini harga telur tembus Rp 24 ribu/kg



Simak Video "Harga Telur Ayam di Bandung Meroket, Nyaris Rp 30 Ribu/Kg"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)