Tak Perlu Antre, Ini Cara Mudah Lapor SPT Tahunan Secara Online di Jatim

Tim detikJatim - detikJatim
Jumat, 18 Mar 2022 13:59 WIB
Ilustrasi cek pajak kendaraan Jakarta
Ilustrasi. Lapor SPT tahunan bisa secara online. Begini cara mudahnya. (Foto: iStock)
Surabaya -

Jangan sampai telat melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan pajak penghasilan (PPh). Bagi setiap wajib pajak (WP) yang telat lapor SPT, termasuk WP di Jatim, siap-siap saja mendapatkan rangkaian 'surat cinta' dari Dirjen Pajak.

Tidak usaha ragu-ragu, WP orang pribadi (OP) maupun badan/perusahaan sekarang bisa melaporkan SPT tanpa harus datang ke kantor pelayanan pajak (KPP). Cukup melaporkannya secara online dari rumah atau dari kantor.

Sebelum masuk cara mudah lapor SPT secara online, wajib pajak (WP) orang pribadi (OP) atau karyawan yang terbiasa melapor melalui aplikasi e-SPT harus tahu, layanan itu segera ditutup permanen.

Sekarang ada dua cara untuk melaporkan SPT secara elektronik yang tidak kalah mudah. Yakni menggunakan e-filing dan e-form yang bisa diakses di laman resmi Direktorat Jenderal Pajak.

Perbedaan e-filing dan e-form

Layanan e-filing adalah sistem pelaporan SPT dengan sarana internet tanpa perantara pihak lain dan tanpa biaya apa pun. Tujuannya untuk memudahkan wajib pajak (WP) dalam membuat dan menyerahkan laporan SPT.

Melalui e-filing ini DJP berharap semua WP tidak perlu lagi menunggu antrean di KPP. Apalagi di tengah imbauan pemerintah untuk menghindari kerumunan untuk mencegah penularan Covid-19.

Sementara e-form adalah cara penyampaian SPT tahunan yang juga dilakukan secara online atau elektronik seperti e-filing. Bedanya hanya pada kebutuhan jaringan internet selama pelaporan.

Wajib pajak yang melaporkan SPT tahunan melalui e-filing membutuhkan koneksi internet yang lancar karena proses pelaporan itu harus dilakukan secara daring dan real time.

Konsekuensinya, bila terjadi kesalahan atau error jaringan selama pengisian e-filing, wajib pajak harus mengulang semua langkah langkah dari awal.

Pelaporan SPT tahunan menggunakan e-form sama-sama menggunakan internet. Bedanya, formulir laporan SPT via e-form bisa anda isi secara luring atau offline.

Internet hanya dibutuhkan ketika Anda mengunduh formulir SPT kemudian mengunggahnya kembali ke aplikasi e-form. Pengisian formulir setelah diunduh bisa dilakukan tanpa koneksi internet.

Satu hal lagi yang perlu Anda tahu sebelum masuk ke langkah pelaporan SPT tahunan melalui e-filling atau e-form, Anda perlu mendapatkan Electronic Filling Identification Number (e-FIN) lebih dulu.

Cara mendapatkan EFIN

EFIN adalah nomor identitas yang diterbitkan oleh DJP bagi wajib pajak perorangan maupun badan yang hendak melakukan pelaporan SPT tahunan PPh melalui e-filing dan pembuatan kode billing pembayaran pajak.

Tanpa EFIN Wajib Pajak tidak bisa melaporkan SPT tahunannya secara online. Sehingga bagi wajib pajak yang belum memiliki EFIN wajib mendaftar terlebih dahulu. Berikut caranya, seperti dihimpun detikJatim dari berbagai sumber termasuk situs resmi DJP.

1. Sampaikan permohonan aktivasi EFIN melalui email resmi KPP

2. Satu email wajib pajak hanya bisa untuk sekali permohonan layanan aktivasi EFIN

3. Begini cara mengirimkan syarat permohonan aktivasi EFIN.

- Scan formulir permohonan aktivasi EFIN, formulirnya dapat diunduh di sini. Pastikan nomor telepon dan email yang ditulis di formulir masih aktif

- Foto identitas (KTP bagi WNI, KITAP/KITAS bagi WNA)

- Foto Surat Keterangan Terdaftar (SKT) atau NPWP

- Swafoto/selfie dengan memegang KTP dan kartu NPWP

4. Petugas melakukan pengecekan kesesuaian data yang diberikan wajib pajak dengan database DJP. Bila semua data sesuai, petugas akan membuat dan mengirim pemberitahuan EFIN dalam bentuk PDF melalui surel.

Untuk mengetahui alamat, telepon, dan email KPP Anda bisa mengunjungi laman ini.

5. Surel yang masuk akan diproses oleh KPP pada saat jam kerja.

Cara melaporkan SPT tahunan dengan e-filing atau e-form

Setelah mendapatkan bukti potong dan EFIN Anda sudah bisa melakukan pelaporan SPT online melalui e-filing maupun e-form. Dari sejumlah sumber yang dihimpun detikJatim, termasuk dari langkah-langkah panduan di situs resmi DJP Kemenkeu, berikut ini cara melaporkan SPT tahunan melalui e-filing maupun e-form.

melalui e-filling

1. Masuk ke situs www.djponline.pajak.go.id/

2. Isi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

3. Isi password (kata sandi)

4. Isi kode verifikasi

5. Tekan login

6. Klik e-filing

7. Klik buat SPT

8. Pilih SPT 1770 S atau 1770 SS

9. Lalu isi langkah demi langkah dari 1 sampai 18 langkah. Mulai dari isi data penghasilan, harta, hingga utang dan lainnya

10. Setelah selesai mengisi klik kirim SPT

11. Selanjutnya, WP akan mendapatkan tanda terima elektronik SPT Tahunan yang dikirimkan via email.

melalui e-form

1. Masuk ke laman www.pajak.go.id

2. Klik tab "Lapor"

3. Klik logo e-Form PDF

4. Klik tab "Buat SPT" dan ikuti langkah sesuai pertanyaan yang muncul

5. Setelah mengikuti langkah, klik "kirim permintaan"

6. Formulir SPT elektronik akan terunduh secara otomatis dan WP bisa mengisi formulir secara offline

7. Cek token pengiriman SPT di email Anda yang sudah dikirim ketika Anda mengunduh formulir. Ikuti langkah mengunggah formulir yang sudah anda isi.



Simak Video "Konser Westlife di Surabaya Obati Rindu Fan"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/fat)