Warga Jatim Jangan Telat Lapor SPT Jika Tak Ingin Dapat 'Surat Cinta'

Tim detikJatim - detikJatim
Jumat, 18 Mar 2022 12:54 WIB
Coronavirus / Covid-19 Small Business Administration Paycheck Protection Program -  US small business administration response to the coronavirus pandemic a paycheck protection program application and tax documentation to help small businesses survive the pandemic and recession.
Ilustrasi Pajak (Foto: Getty Images/iStockphoto/mphillips007_)
Surabaya -

Bagi wajib pajak (WP) orang pribadi (OP) atau karyawan, hati-hati dapat 'surat cinta' dari Direktur Jenderal Pajak. Jangan sampai telat melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan pajak penghasilan (PPh). Berikut info pajak Jatim.

Batas akhir pelaporan SPT Tahunan PPh orang pribadi dan karyawan kurang dari dua pekan lagi. Kalau sampai lewat 31 Maret 2022, enggak cuma surat cinta yang mungkin Anda dapatkan dari Dirjen Pajak.

Ada sanksi hukum yang bisa menjerat Anda bila dianggap alpa, sengaja tidak melaporkan, atau melapor SPT tahunan tapi isinya tidak benar. Sanksinya cukup berat, Dilan saja mungkin tidak akan kuat.

Sesuai Pasal 7 Undang-Undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan yang dikutip dari situs resmi DJP, ada denda uang yang akan dikenakan kepada WP OP maupun WP badan/perusahaan.

Untuk WP OP denda yang dikenakan sebesar Rp 100 ribu. Sedangkan bagi WP badan/perusahaan sebesar Rp 1 juta. Bahkan, berdasarkan sejumlah sumber yang dihimpun detikJatim, ada sanksi yang lebih berat.

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) bahkan bisa melakukan penyitaan aset sebagai tindakan terakhir terhadap WP yang tidak tidak menjalankan kewajibannya setelah semua tahapan penagihan.

Setelah lewat 7 hari batas pelaporan, tanggungan pajak yang dimiliki WP dianggap utang. DJP akan menerbitkan surat teguran. Lalu setelah 21 hari, akan ada surat paksa.

Jika WP belum juga melunasi utang pajak 2x24 jam setelah menerima surat paksa, DJP akan menerbitkan Surat Perintah Melaksanakan Penyitaan. Juru sita pajak bisa sewaktu-waktu mendatangi WP.

Gimana, ngeri bukan? Dilan aja enggak akan kuat dikejar surat cinta berkali-kali oleh Dirjen Pajak sampai akhirnya ketemu langsung dengan juru sita pajak. So, segera laporkan SPT tahunan Anda. Sebab pemberitahuan info pajak Jatim mudah didapat dan caranya sangat mudah. Tidak perlu lagi datang ke Kantor Pelayanan Pajak.



Simak Video "Konser Westlife di Surabaya Obati Rindu Fan"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/fat)