Tas Buatan Ibu-ibu Desa Selur Ponorogo Diberi Nama Macan Ternak

Charolin Pebrianti - detikJatim
Jumat, 28 Jan 2022 17:13 WIB
Ibu-ibu di Desa Selur, Kecamatan Ngrayun membuat tas dari anyaman plastik. Tas tersebut diberi nama Macan Ternak.
Pelatihan membuat tas anyaman plastik/Foto: Charolin Pebrianti/detikcom
Ponorogo -

Ibu-ibu di Desa Selur, Kecamatan Ngrayun membuat tas dari anyaman plastik. Tas tersebut diberi nama Macan Ternak.

Sebab, mereka membuat anyaman plastik itu sambil menunggu anak pulang sekolah. Yang dalam pergaulan saat ini kerap disebut Macan Ternak (Mama Cantik Anter Anak).

Hingga saat ini sudah 500 tas yang terjual. Bumdes Selur memasarkan hasil kreasi para ibu di pameran maupun secara online. Harganya variatif mulai Rp 10 ribu hingga Rp 12 ribu.

Pemdes Selur, Kecamatan Ngrayun terus berinovasi dalam pemulihan ekonomi masyarakat. Bumdes mengajak ibu-ibu ikut pelatihan membuat tas anyaman plastik.

"Strategi memunculkan inovasi, waktu luang saat menunggu anak sekolah bisa digunakan untuk ikut pelatihan," tutur Kades Selur, Suprapto kepada detikJatim, Jumat (28/1/2022).

Suprapto menambahkan, ada 100 ibu-ibu yang tergabung dalam pelatihan. Mentornya merupakan pengurus unit Bumdes. Pelatihan dijadwal sesuai dengan jadwal masuk sekolah anak.

"Hari tertentu kita lakukan pelatihan, koordinasi dengan sekolah setempat," terang Suprapto.

Menurut Suprapto, pembagian hasil penjualan dilakukan per bulan. "Harapannya itu nanti akan berimbas terhadap kelompok-kelompok lain di masyarakat. Dan itu terjadi warga banyak yang minta ada pelatihan," tambah Suprapto.



Simak Video "Meraup Cuan dari Kerajinan Tangan Anyaman"
[Gambas:Video 20detik]
(sun/iwd)