Warga Lumajang Budi Daya Ikan, Sungai Jadi Bersih dan Cuan Masuk Kantong

Nur Hadi Wicaksono - detikJatim
Sabtu, 15 Jan 2022 21:08 WIB
Warga Kelurahan Jogoyudan, Kecamatan/Kabupaten Lumajang mengubah Sungai Sari Truno yang kumuh dan kotor menjadi bersih. Lalu mereka manfaatkan untuk memelihara ikan.
Warga Lumajang panen budidaya ikan/Foto: Nur Hadi Wicaksono/detikcom
Lumajang -

Warga Kelurahan Jogoyudan, Kecamatan/Kabupaten Lumajang mengubah Sungai Sari Truno yang kumuh dan kotor menjadi bersih. Lalu mereka manfaatkan untuk memelihara ikan.

Berbagai macam ikan mereka pelihara. Ada nila merah, nila hitam dan ikan bawal. Ide budi daya ikan di sungai ini berawal dari keresahan Djohari Irianto (39), warga setempat. Ia resah melihat sungai di kampungnya yang kotor dan kumuh.

Djohari mencoba membudidayakan ikan di sungai sejak 2017. Waktu itu, ia juga mengajak warga sekitar.

Kini sungai yang dulu kotor menjadi bersih dan terawat. Tidak hanya itu, warga juga bisa mendapatkan keuntungan dari budi daya ikan di sungai.

Warga Kelurahan Jogoyudan, Kecamatan/Kabupaten Lumajang mengubah Sungai Sari Truno yang kumuh dan kotor menjadi bersih. Lalu mereka manfaatkan untuk memelihara ikan.Warga Kelurahan Jogoyudan, Kecamatan/Kabupaten Lumajang panen ikan/ Foto: Nur Hadi Wicaksono/detikcom

"Budi daya ikan di sungai ini diawali sejak tahun 2017 lalu dengan tujuan untuk menjaga kebersihan sungai dari sampah. Sehingga kita manfaatkan dengan budi daya ikan seperti nila merah, nila hitam dan bawal," ujar Djohari kepada detikcom, Sabtu (15/1/2022).

Saat waktunya panen, warga menyurutkan sungai dengan menggunakan pompa air serta membendungnya untuk sementara. Lalu warga dengan guyub rukun memanen ikan tersebut.

Ikan yang dibudidayakan di sungai tersebut dipanen warga setiap 4 bulan. Setiap panen warga bisa menghasilkan 5-7 kuintal ikan.

Keuntungan mereka belasan juta Rupiah setiap panen. Keuntungan tersebut dibagi-bagi sehingga bisa menjadi pendapatan tambahan.



Simak Video "Icip-icip Bakso Ikan Telur Asin Ahan Khas Pontianak"
[Gambas:Video 20detik]
(sun/sun)