Jumlah Pengungsi Semeru Terus Berkurang karena Banyak yang Kembali ke Rumah

Jumlah Pengungsi Semeru Terus Berkurang karena Banyak yang Kembali ke Rumah

M Bagus Ibrahim - detikJatim
Rabu, 07 Des 2022 13:50 WIB
Posko pengungsian Semeru di SDN 4 Supiturang
Posko pengungsian Semeru di SDN 4 Supiturang (Foto: M Bagus Ibrahim/detikJatim)
Lumajang -

Jumlah pengungsi erupsi Gunung Semeru di posko semakin berkurang. Ini karena sebagian besar pengungsi telah kembali ke rumah dan beraktivitas seperti sedia kala.

Seperti yang terlihat di salah satu posko pengungsian di SDN Supiturang 4, Dusun Supiturang, Desa Supiturang, Pronojiwo, Lumajang. Setiap hari-nya jumlah pengungsi dari Desa Supiturang terus menurun.

Berdasarkan data yang dihimpun, pada Minggu (4/12/2022) ada sebanyak 266 warga yang mengungsi di SDN Supiturang 4, jumlah tersebut kemudian menurun menjadi 174 pengungsi pada Senin (5/12/2022).

"Hari Selasa (6/12/2022) kembali menurun menjadi 68 dengan rincian 31 Pria dan 37 Perempuan," ujar Tim Desa Siaga Bencana (DSB) Harianto kepada awak media, Rabu (7/12/2022).

Ia mengatakan bahwa penurunan jumlah pengungsi itu dikarenakan banyak pria dewasa yang kembali ke rumah masing-masing untuk menjaga harta bendanya.

"Ada penurunan, dari hari pertama sampai tadi malam. Karena sebagian itu pria jaga di rumah, dan untuk perempuan kembali ke posko," kata Harianto.

Seperti diketahui, sejak Senin (5/12/2022) pagi warga banyak yang kembali ke rumah masing-masing untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Kemudian mereka kembali ke pengungsian saat sore dan malam hari.

Sehingga pada pagi hari posko pengungsian tidak ditempati oleh warga. Salah satu kelas di SDN Supiturang 4 juga kembali difungsikan pihak sekolah untuk tempat ujian Penilaian Akhir Semester (PAS) siswa kelas 6 pada pagi hari.

Sementara kebutuhan logistik di posko pengungsian tersebut masih ada kekurangan untuk peralatan tidur. Sedangkan untuk kebutuhan makanan sampai saat ini sudah tercukupi dari dapur umum yang disediakan.

"Kebutuhan yang kurang disini seperti kasur dan selimut. Kalau obat-obatan ada dari Dinas Kesehatan," kata Harianto.



Simak Video "Status Gunung Semeru Naik Jadi Level 4"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)