PPP Jatim Angkat Bicara soal Zulhas Bilang Airlangga Capres Prioritas KIB

PPP Jatim Angkat Bicara soal Zulhas Bilang Airlangga Capres Prioritas KIB

Faiq Azmi - detikJatim
Kamis, 01 Des 2022 16:28 WIB
Wakil Ketua DPW PPP Jatim Mujahid Ansori
Wakil Ketua PPP Jatim Mujahid Ansori. (Foto: Faiq Azmi/detikJatim)
Surabaya -

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) mengungkapkan bahwa Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto jadi capres prioritas Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Lalu, apa kata PPP yang juga tergabung dalam KIB?

Wakil Ketua DPW PPP Jatim Mujahid Ansori menilai, sah-sah saja KIB memprioritaskan kader dari internal untuk diusung di Pilpres 2024. Sebab, KIB secara hitungan kursi sudah bisa mengusung calon sendiri.

"Jadi kalau KIB ini berbicara soal capres dari internal, saya kira itu wajar, karena secara kalkulasi politik KIB sudah jadi kendaraan," jelas Mujahid kepada detikJatim, Kamis (1/12/2022).

Mujahid menegaskan, KIB memiliki kendaraan sendiri. Baginya, KIB berhak mengusung capres dari internal, tinggal siapa yang paling pas diusung.

"Jadi ibarat orang sudah punya kendaraan, ya terserah dong mau dipakai sendiri atau disewakan ke orang lain. Jadi kalau mendahulukan internal sah-sah saja dan wajar," jelasnya.

Soal nama Airlangga diprioritaskan KIB, Mujahid enggan berspekulasi. Tapi, bagi Mujahid, wajar kalau Airlangga diprioritaskan karena sebagai Ketum Golkar yang notabene partai dengan kursi terbesar kedua di DPR RI.

"KIB utamanya Pak Airlangga dari Golkar partai pemenang kedua, jadi ya wajar-wajar saja. Meskipun ini tahapan wacana, belum formal di tingkat parpol KIB," ungkapnya.

Mantan Wakil Ketua DPRD Jatim ini menegaskan bahwa PPP Jatim masih berkomitmen dengan 10 nama yang diusulkan dari hasil Mukerwil DPW PPP Jatim awal Oktober 2022 lalu.

"PPP Jatim tetap sesuai hasil Mukerwil yang mengusulkan 10 nama, tidak hanya nama Pak Ganjar saja. PPP juga menilai nama Pak Mardiono yang menurut kami wajar dimunculkan sebagai cawapres dari KIB dan usulan PPP," ungkapnya.

Soal ramai PPP tetap usul Ganjar, Mujahid menjawab bahwa PPP masih belum menggelar Mukernas. Nantinya, apapun keputusan Mukernas terkait nama yang diusulkan PPP ke KIB akan dijalankan oleh seluruh kader.

"Soal Pak Ganjar, dinamika di Jatim kan jelas hasil Mukerwil lalu ada 10 nama yang kami sampaikan, salah satunya memang ada Pak Ganjar. Tetapi sampai saat ini belum dirumuskan. Kami menunggu Mukernas, dinamika masih dinamis, mekanisme partai akan tetap kami lakukan," tandasnya.

Sebelumnya diketahui, Ketum PAN Zulhas menyampaikan perkembangan terbaru dari pembicaraan soal capres yang bakal diusung KIB. Zulhas mengungkapkan, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto menjadi capres yang diprioritaskan KIB.

Hal itu disampaikan Zulhas usai menggelar pertemuan dengan ketua umum parpol di poros KIB lainnya, yakni Airlangga dan Plt Ketua Umum PPP Mardiono. Pertemuan yang dibalut dengan makan malam itu digelar secara tertutup di sebuah restoran di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (30/11).



Simak Video "KIB Tunggu Kepastian Koalisi Hingga PDIP Sebelum Usung Capres"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/dte)