Sungai Amprong Meluap Banjiri Perumahan di Kota Malang

Sungai Amprong Meluap Banjiri Perumahan di Kota Malang

M Bagus Ibrahim - detikJatim
Selasa, 29 Nov 2022 23:05 WIB
banjir di kota malang
Air masuk ke rumah warga (Foto: M Bagus Ibrahim)
Kota Malang -

Belasan rumah warga tergenang luapan Sungai Amprong. Rendaman banjir tersebut terjadi di Kavling Sinar Barokah RT 1 RW 2 Kelurahan Lesanpuro, Kedungkandang, Kota Malang.

Dari sekitar 26 rumah di perumahan tersebut, ada 13 rumah tergenang luapan Sungai Amprong. Salah satu pemilik rumah terdampak Ahmad Rifai mengatakan luapan air sudah nampak sejak pukul 17.30 WIB.

"Jadi saat saya salat di rumah sama keluarga tiba-tiba ada tetangga yang teriak airnya meluap. Saya kemudian keluar dan memang benar airnya mulai masuk ke akses jalan perumahan," ujarnya kepada detikJatim, Selasa (29/11/2022).

banjir di kota malangAir masuk ke rumah warga (Foto: M Bagus Ibrahim)

Air luapan sungai itu terus bertambah hingga memasuki rumah warga. Ketinggian air paling tinggi diperkirakan mencapai lutut orang dewasa.

"Tadi itu airnya meningkat terus sampai pada pukul 20.00 WIB paling tinggi sampai selutut. Untungnya beberapa barang berhasil kami amankan," kata Rifai.

Ia menyampaikan bahwa luapan air sungai ini adalah kejadian kedua. Di mana pada Jumat (25/11) kemarin kejadian serupa terjadi di perumahan tersebut.

"Jadi kemarin (Jumat 25 November) luapan air juga terjadi. Tapi untuk kali ini luapan air lebih tinggi, sebelumnya cuman sekitar semata kaki," terangnya.

Rifai berharap ke depan ada bantuan dari Pemkot Malang untuk menangani permasalahan luapan Sungai Amprong tersebut.

"Jalan ini kan rendah. Mungkin ada bantuan untuk pembuatan jalan atau apa. Sehingga air sungai yang meluap tidak sampai masuk ke rumah warga," tandasnya.

Pada sekitar pukul 21.45 WIB air terlihat mulai surut. Warga berupaya membersihkan air yang masuk ke dalam rumah.



Simak Video "Sungai Meluap, Ratusan Rumah Warga di Lumajang Terendam Banjir!"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)