2 Ular Sanca Dievakuasi dari Kandang Ayam-Atap Rumah Warga Lamongan

2 Ular Sanca Dievakuasi dari Kandang Ayam-Atap Rumah Warga Lamongan

Eko Sudjarwo - detikJatim
Selasa, 29 Nov 2022 17:39 WIB
Dua ular sanca ditemukan dan dievakuasi dari rumah warga Paciran, Lamongan dalam semalam
Ular sanca dievakuasi dari rumah warga Paciran, Lamongan. (Foto: Eko Sudjarwo/detikJatim)
Lamongan -

Dua ekor ular berukuran cukup besar diamankan dari rumah warga di Kecamatan Paciran, Lamongan. Kedua Ular itu ditemukan masing-masing di kandang ayam dan di atas atap rumah warga.

Ular pertama yang berhasil dievakuasi petugas Damkar Lamongan adalah ular sanca sepanjang 2 Meter. Ular itu ditemukan di kandang ayam milik Mulki Sulaiman (30) warga Desa Penanjan, Kecamatan Paciran.

"Ular ini ditemukan di kandang ayam milik warga yang bernama Pak Mulki Sulaiman," kata Kabid Damkar Satpol PP Lamongan Siswanto kepada wartawan, Selasa (29/11/2022).

Awalnya, kata Siswanto, pemilik rumah tidak sadar ada ular sanca di kandang ayamnya. Saat itu pemilik rumah terkejut ketika ayam di dalam kandang itu gaduh. Pemilik pun mencari tahu.

"Pemilik rumah kaget karena di dalam kandang ayamnya ternyata ada seekor ular jenis sanca yang berukuran lumayan panjang. Kurang lebih 2 meter," ujarnya.

Karena tidak berani melakukan evakuasi sendiri pemilik rumah lantas menghubungi petugas Damkar Korwil Paciran agar ular itu bisa dievakuasi. Ada 4 orang petugas yang diterjunkan ke Desa Penanjan hingga ular itu berhasil diamankan dalam waktu setengah jam.

Dua ular sanca ditemukan dan dievakuasi dari rumah warga Paciran, Lamongan dalam semalamUlar sanca dievakuasi dari atap rumah warga Paciran, Lamongan. (Foto: Eko Sudjarwo/detikJatim)

"Kami menerjunkan 4 petugas Damkar dari Korwil Paciran dan ular berhasil kami evakuasi," tandasnya.

Ular kedua ditemukan di atap rumah warga lain yang masih berada di kawasan Paciran. Ular sanca sepanjang 2,5 meter itu ditemukan di atap rumah Mutaqin (40), warga Desa Banjarwati, Paciran tidak lama setelah petugas berhasil mengevakuasi ular di Desa Penanjan.

"Ular kedua juga dari jenis Sanca dengan ukuran sekitar 2,5 meter yang ada di atap rumah milik Pak Mutaqin," ungkap Siswanto.

Siswanto menyebut di wilayah Lamongan memang kerap ditemukan ular yang merambah ke permukiman penduduk. Berdasarkan pengakuan warga, di sekitar pemukiman itu tidak ada yang memelihara hewan melata ini sehingga dimungkinkan ular-ular itu karena mereka keluar dari hutan untuk mencari makanan.

"Dimungkinkan ular-ular yang ada pemukiman warga, terutama di daerah Paciran ini dari hutan terus mereka keluar untuk cari makanan," kata Siswanto.

Ia pun mengimbau agar warga menghubungi petugas PMK bila memang mendapati keberadaan hewan-hewan yang membahayakan nyawa manusia.



Simak Video "Ngeri! Ular Sanca 3 Meter Ngumpet di Plafon Rumah Warga di Depok"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)