Damkar Tangkap Sanca 3 Meter di Blitar yang Diduga Baru Saja Makan Ternak

Damkar Tangkap Sanca 3 Meter di Blitar yang Diduga Baru Saja Makan Ternak

Erliana Riady - detikJatim
Selasa, 15 Nov 2022 22:42 WIB
ular sanca di blitar
Upaya petugas Damkar menangkap ular sanca (Foto: Dok. Damkar Blitar)
Blitar -

Ular sanca kembang ditemukan di antara semak pekarangan rumah warga di Kabupaten Blitar. Jika melihat kondisi perutnya yang membesar, diduga ular itu baru memangsa ternak warga.

Menurut keterangan petugas Damkar Pemkab Blitar, Nurhudianto, pihaknya menerima laporan dari warga Desa Plosorejo Kecamatan Kademangan sekitar pukul 15.00 WIB. Warga yang juga perangkat desa tersebut, melihat penampakan ular sanca kembang di lahan pekarangan bagian belakang. Tepatnya dekat dengan kandang ayam.

"Pak Sunarjis warga RT 3 RW 6 Plosorejo laporan kepada kami. Katanya melihat ular besar di dekat kandang ayamnya. Lalu kami ke sana, sampai lokasi sekitar pukul 15.30 WIB," jawab Nurhudianto dikonfirmasi detikJatim, Senin (15/11/2022).

ular sanca di blitarUlar sanca 3 meter di Blitar yang berhasil ditangkap (Foto: Dok. Damkar Blitar)

Begitu sampai di lokasi, lima.petugas damkar dilengkapi peralatan penanganan ular menyibak-nyibak semak dan rerumputan yang tumbub rimbun. Di antara semak rimbun itu, seorang petugas menemukan ular dalam kondisi melingkar namun kepala tegak dengan mulut terbuka. Kontan mereka menggunakan tongkat capit untuk menutup mulut ular, kemudian melakban mulutnya.

*Alhamdulillah sekitar 10 menit kami amankan. Sekarang kami taruh di kantor karena di sini ada kandang yang aman untuk menyimpan sementara," ujarnya.

Ular sanca kembang itu ketika diukur panjangnya sekitar 3 meter. Dengan berat sekitar 20 kg. Di bagian perutnya, nampak menonjol seperti habis memangsa korban. Namun dari keterangan warga sekitar, belum ada yang mengaku kehilangan ternaknya.

"Kelihatannya sih habis mangsa korban itu. Perutnya menonjol gemuk gitu. Tapi tadi warga tidak ada yang kehilangan ternaknya," pungkasnya.



Simak Video "Ngeri! Ular Sanca 3 Meter Ngumpet di Plafon Rumah Warga di Depok"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)