Cerita di Balik Video Warga Seberangkan Jenazah Lewat Sungai di Ponorogo

Cerita di Balik Video Warga Seberangkan Jenazah Lewat Sungai di Ponorogo

Charoline Pebrianti - detikJatim
Sabtu, 26 Nov 2022 17:32 WIB
viral menyeberangkan jenazah lewat sungai di ponorogo
Viral warga Ponorogo seberangkan jenazah lewat sungai (Foto: Tangkapan layar)
Ponorogo -

Sebuah video warga yang menyeberangkan jenazah lewat sungai viral. Peristiwa tersebut terjadi di Sungai Semblumbung, Dusun Menggungan, Kelurahan Kadipaten, Kecamatan Babadan, Ponorogo pada Sabtu (26/11) pagi.

Warga ingin memakamkan jenazah tersebut di Makam Gedong. Namun akses yang paling dekat harus menyeberangi sungai. Jika tidak, warga harus memutar lewat Desa Cekok sejauh 2-3 kilometer.

Lurah Kadipaten Arifian Widarto mengatakan memang jadi kebiasaan warga ingin keluarganya dimakamkan di Makam Gedong. Meski sudah ada pemakaman baru, warga biasanya tetap memilih dimakamkan bersama dengan kakek buyutnya di Makam Gedong.

"Memang warga sini maunya dimakamkan di sana (Gedong) karena ada mbah buyutnya. Padahal di sebelah juga ada makam baru," tutur Arifian kepada wartawan, Sabtu (26/11/2022).

Arifian mengatakan usai melintasi sungai, warga bisa langsung menuju pemakaman. Sebelumnya, warga sudah dua kali membangun jembatan sesek, namun jembatan itu rusak setelah diterjang banjir.

"Dua kali, kena banjir hanyut, akhirnya warga melintas di sungai," terang Arifian.

Arifian bakal mengajukan permohonan pembangunan jembatan untuk akses warga ke pemakaman. Sebab, jembatan ini vital bagi warga.

"Setelah ini saya akan mengajukan ke Pemkab untuk pembangunan jembatan untuk warga saya, entah jembatan permanen atau jembatan gantung," tandas Arifian.



Simak Video "Momen Damkar Evakuasi Jenazah Seberat 185 Kg dari Rumah di Jaktim"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)