Rumah di Pasuruan Ambrol ke Sungai, Mobil dan 2 Motor Turut Nyemplung

Rumah di Pasuruan Ambrol ke Sungai, Mobil dan 2 Motor Turut Nyemplung

Muhajir Arifin - detikJatim
Kamis, 24 Nov 2022 20:57 WIB
Longsor di Pasuruan
Longsor di Pasuruan. Bagian belakang rumah ambrol ke sungai beserta 1 mobil dan 2 sepeda motor. (Foto: Muhajir Arifin/detikJatim)
Pasuruan -

Sebuah rumah di Desa Mangguan, Pasrepan, Kabupaten Pasuruan ambrol karena tanah longsor. Bagian belakang rumah atau bagian dapur itu longsor ke sungai. Selain itu, satu unit Toyota Avanza serta motor Honda Vario dan motor Yamaha Jupiter turut terhempas ke dasar sungai.

Peristiwa itu terjadi saat hujan lebat mengguyur kawasan Pasrepan, Kamis (24/11/2022) pukul 14.30 WIB. Debit air di Sungai Mangguan pun meningkat. Tiba-tiba rumah Ali Yazid yang berada dekat sungai itu ambrol.

"Tadi pas istirahat semua setelah pulang kerja. Tiba-tiba terjadi longsor, saya pikir gempa. Saya lihat semua keluarga aman, ya, Alhamdulillah. Terus saya lihat ke belakang ternyata bagian dapur ambrol. Mobil Avanza, motor Vario dan Yupiter juga jatuh," kata Ali Toriq anak pemilik rumah.

Setelah debit air sungai mulai turun, sejumlah warga membantu keluarga itu untuk mengevakuasi kendaraan yang jatuh ke sungai. Dua motor akhirnya berhasil dievakuasi, sementara mobil Avanza masih teronggok di dasar sungai.

Kades Mangguan Nasor menyatakan bahwa peningkatan debit sungai itulah yang menyebabkan tanah sungai longsor. Berimbas pada bangunan yang ada di atasnya yang turut ambrol.

"Tadi naik airnya, arusnya deras sehingga longsor. Tidak ada korban jiwa, cuma material," jelas Nasor.

Hingga pukul 20.30 WIB, mobil Avanza yang jatuh ke sungai belum berhasil dievakuasi.



Simak Video "Longsor Terjang Lereng Gunung Bromo, Jembatan-Kandang Sapi Rusak"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)