Probolinggo Dikelilingi 3 Sesar Picu Gempa Bumi, Ini Rinciannya

Probolinggo Dikelilingi 3 Sesar Picu Gempa Bumi, Ini Rinciannya

M Rofiq - detikJatim
Kamis, 24 Nov 2022 17:23 WIB
Lokasi gempa Probolinggo Rabu 23 November
Foto: tangkapan layar/detikJatim
Probolinggo -

BPBD Kabupaten Probolinggo menyebut di wilayahnya ada tiga sesar atau patahan yang memicu terjadinya gempa bumi. Sesar ini tersebar di Kabupaten Probolinggo.

"Ada 3 sesar di Probolinggo," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo Rachmad Waluyo saat dikonfirmasi melalui whatsapp, Kamis (24/11/2022),

Salah satu gempa M 4,1 Probolinggo yang terjadi pada Rabu (23/11/2022) merupakan sesar yang terjadi di sebelah timur atau Sesar Wongsorejo.

"Betul pak, di Desa Tambak Ukir itu Sesar Wongsorejo (Gempa M 4,1 Probolinggo). Karena kalau sesar Probolinggo setahu saya dari Kecamatan Gending ke daerah Pasuruan. Sedangkan kemarin itu masuk sesar yang sebelah timur," terangnya.

Dia menambahkan di Probolinggo terdapat tiga sesar yang bisa menjadi pemicu terjadinya gempa bumi. Pertama Probolinggo bagian barat atau Kecamatan Tongas bisa terjadi gempa jika Sesar Pasuruan bergerak aktif. Sesar ini terbentang dari barat ke arah timur pada Kecamatan Lekok dan Nguling, Kabupaten Pasuruan dengan panjang sekitar 13 km.

Kemudian untuk Kabupaten Probolinggo wilayah tengah, seperti Kecamatan Gending bisa terjadi gempa bumi jika Sesar Probolinggo aktif bergerak. Setiap tahunnya Sesar Probolinggo ini bergerak sebesar 0,2 mm.

"Lalu Sesar Wongsorejo, yakni sesar yang melewati daerah Banyuwangi dengan panjang sekitar 10 km. Dan ini yang menyebabkan gempa terjadi di Probolinggo bagian Timur," jelas Rachmad.

Diketahui sebelumnya, akibat gempa itu, setidaknya ada lima rumah yang terdampak. Empat rumah alami tembok retak dan satu rumah pondasinya longsor.

Sebelumnya gempa M 4,1 Probolinggo membuat beberapa rumah warga rusak. 4 Rumah warga retak-retak dan satu rumah pondasinya longsor.

Bahkan warga Paiton dan Banyuglugur merasakan dampak getaran gempa tersebut hingga ada beberapa rumah rusak.

Rumah tersebut milik Abdul Basid dan Asmad, warga Dusun Krajan Rt 03, Rw 04. Lalu Ach. Dahlan, warga Dusun Krajan Rt 03, Rw 02. Dan Samsuri warga Dusun Tegalpao Rt 06, Rw 03. Keempatnya pemilik rumah yang temboknya retak. Selain itu Er, warga Dusun Alaskembang, Rt 07 Rw 04 desa setempat, yang pondasi rumahnya longsor.



Simak Video "Gempa M 6,8 Guncang Enggano Bengkulu!"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)