BPBD Sebut Gempa Probolinggo Disebabkan Pergerakan Sesar Wongsorejo

BPBD Sebut Gempa Probolinggo Disebabkan Pergerakan Sesar Wongsorejo

M Rofiq - detikJatim
Kamis, 24 Nov 2022 16:29 WIB
Desa tambak ukir Kecamatan Kotaanyar terdampak gempa probolinggo
Desa Tambak Ukir Kecamatan Kotaanyar terdampak gempan Probolinggo (Foto: Istimewa)
Probolinggo -

Gempa M 4,1 Probolinggo terjadi Rabu (23/11/2022). Gempa darat yang terjadi sekitar pukul 17.45 WIB itu dirasakan empat kecamatan di Kabupaten Probolinggo.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Probolinggo, Rachmad Waluyo mengatakan gempa yang terjadi diduga aktifnya sesar Wongsorejo.

"Gempa Probolinggo merupakan sesar yang terjadi di sebelah timur atau sesar wongsorejo," kata Rachmad kepada wartawan, Kamis (24/11/2022).

Dia menambahkan Sesar Wongsorejo merupakan sesar yang melewati daerah Banyuwangi dengan panjang sekitar 10 Km.

"Betul pak di Desa Tambak Ukir itu Sesar Wongsorejo. Karena kalau sesar Probolinggo setahu saya dari Kecamatan Gending ke daerah Pasuruan. Sedangkan kemarin itu masuk sesar yang sebelah timur," terangnya.

Gempa yang terjadi Rabu kemarin berpusat di Desa Tambak Ukir, Kecamatan Kotaanyar.

"Kemarin pusatnya di Desa Tambak Ukir, Kecamatan Kotaanyar yang merupakan kecamatan ujung timur Probolinggo," ujar Rachmad.

Sebelumnya gempa M 4,1 Probolinggo membuat beberapa rumah warga rusak. 4 Rumah warga retak-retak dan satu rumah pondasinya longsor.

Bahkan warga Paiton dan Banyuglugur merasakan dampak getaran gempa tersebut hingga ada beberapa rumah rusak.

Rumah tersebut milik Abdul Basid dan Asmad, warga Dusun Krajan Rt 03, Rw 04. Lalu Ach. Dahlan, warga Dusun Krajan Rt 03, Rw 02. Dan Samsuri warga Dusun Tegalpao Rt 06, Rw 03. Keempatnya pemilik rumah yang temboknya retak. Selain itu Er, warga Dusun Alaskembang, Rt 07 Rw 04 desa setempat, yang pondasi rumahnya longsor.



Simak Video "Gempa M 6,8 Guncang Enggano Bengkulu!"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)