31 Kecamatan di Surabaya Kerja Bakti Serentak, 20 Dump Truck Diterjunkan

31 Kecamatan di Surabaya Kerja Bakti Serentak, 20 Dump Truck Diterjunkan

Esti Widiyana - detikJatim
Minggu, 20 Nov 2022 13:32 WIB
kerja bakti di surabaya
Kerja bakti di Surabaya (Foto: Esti Widiyana/detikJatim)
Surabaya -

31 Kecamatan di Surabaya melakukan kerja bakti serentak hari ini. Sebanyak 20 dump truk diterjunkan untuk mengangkut sampah yang ada di masyarakat.

Kerja bakti bertema Surabaya Bergerak di perkampungan ini dilakukan secara bergiliran. Tentunya dilakukan di perkampungan secara bergantian.

"Hari Minggu (20/11/2022) ini ada sekitar 100-an titik RT/RW yang kerja bakti," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro kepada detikJatim.

Hebi mengatakan pihaknya berkomitmen mengangkut semua sampah hasil kerja bakti bersama di wilayah perkampungan. Terlebih, data wilayah mana saja yang melaksanakan kerja bakti termonitor ke dalam aplikasi Surabaya Bergerak.

"Nggih 20 dump truck, ada aplikasi yang harus diisi warga bila ingin kerja bakti dan disesuaikan dengan kemampuan dump truck/angkutan," ujarnya.

Nantinya, limbah hasil kerja bakti, pembuangannya disesuaikan dengan jenisnya. Misalnya berupa lumpur hasil pengerukan saluran, maka digunakan untuk pengurukan lahan. Jika sampah berupa perantingan pohon akan dibuang ke rumah kompos.

"Tujuan awalnya kerja bakti normalisasi saluran tersier, tapi sampahnya ada macam-macam. Ada sampah hasil perantingan, sampah bongkaran rumah, dan sebagainya," katanya

Dia berharap ke depan warga bisa memilah sampah atau limbah hasil kerja bakti tersebut. Contohnya, lumpur hasil pengerukan saluran tidak dijadikan satu dengan limbah rumah tangga seperti lemari atau kasur.

"Memang perlu ada pemilahan sampah hasil kerja bakti. Setelah dipilah oleh warga nanti bisa ditaruh di satu tempat, kemudian kita angkut. Kalau sampah pengerukan saluran kita gunakan untuk lahan-lahan, sedangkan yang lain kita buang ke TPA," pungkasnya.



Simak Video "Gedung-gedung Tinggi di Surabaya Disemprot Disinfektan"
[Gambas:Video 20detik]
(esw/fat)