Hari Ayah Nasional 2022 dan Cara Merayakannya

Hari Ayah Nasional 2022 dan Cara Merayakannya

Rina Fuji Astuti - detikJatim
Jumat, 11 Nov 2022 19:52 WIB
Ilustrasi bonding ayah dan anak
Ilustrasi/Foto: Getty Images/iStockphoto/evgenyatamanenko
Surabaya -

Hari Ayah Nasional diperingati setiap 12 November. Hari Ayah memiliki makna mendalam seperti Hari Ibu.

Dikutip dari situs Kemdikbud, Hari Ayah Nasional diprakarsai oleh paguyuban satu hati, lintas agama dan budaya yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

Penetapan Hari Ayah Nasional

PPIP mengusulkan Hari Ayah Nasional ketika peringatan Hari Ibu di Solo pada 2014. Acara itu mengadakan sayembara menulis surat untuk ibu. Ada sekitar 70 surat terbaik yang kemudian dibukukan.

PPIP Solo merasa perlu diadakan satu hari khusus untuk seorang ayah. Mengingat sebelumnya, sudah ada Hari Ibu dan Hari Anak.

Lalu ada semboyan 'Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya' sebagai deklarasi Hari Ayah Nasional di Maumere, Flores, NTT. Yang dibarengi peluncuran buku 'Kenangan untuk Ayah' yang berisi 100 surat anak Nusantara, yang diseleksi dari sayembara menulis surat untuk ayah.

Kemudian Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) serta bupati di empat penjuru Indonesia yakni Sabang, Merauke, Sangir Talaud dan Pulau Rote, mendapat buku dan piagam deklarasi Hari Ayah Nasional dari PPIP. Hingga kini, setiap tanggal 12 November diperingati sebagai Hari Ayah Nasional.

Cara Merayakan Hari Ayah

Ada banyak yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Ayah. Bisa dengan menghabiskan waktu bersama ayah atau membuat kejutan untuk sang ayah. Berikut beberapa contohnya:

1. Memasak masakan kesukaan ayah

Anda bisa memasak makanan atau camilan kesukaan ayah. Lalu beri tulisan atau hiasan pertanda Hari Ayah, agar terasa lebih spesial.

2. Olahraga bersama

Olahraga bersama juga tak kalah menarik. Bisa dengan lari pagi, badminton, atau renang.

Selain menyenangkan, olahraga bersama juga menyehatkan untuk hati dan pikiran. Terlebih jika usia sang ayah sudah tua, olahraga menjadi kegiatan yang dianjurkan.

3. Menikmati hobinya ayah

Ikut menikmati hobi sang ayah bisa dilakukan untuk membangun kedekatan. Misalnya, temani sang ayah memancing, memberi makan ternak, menyirami tanaman, atau mungkin mereparasi kendaraan.

Itu akan sangat berarti bagi sang ayah. Sang ayah akan merasa senang.

4. Membuat video surprise atau perayaan

Banyak orang yang menyukai kejutan. Tak hanya perayaan ulang tahun, syukuran atau pemberian secara tiba-tiba akan menyenangkan hati sang ayah.

Jangan lupa merekam momen-momen penuh kehangatan tersebut. Agar bisa dilihat kembali di kemudian hari.

5. Bercerita sambil minum kopi bersama ayah

Merayakan Hari Ayah bisa dilakukan dengan cara sederhana. Berbincang di teras ditemani kopi dan biskuit akan terasa mengasyikan.

Bahan obrolan bisa apa saja. Mulai dari cerita masa kecil atau membicarakan yang sedang tren di masyarakat.



Simak Video "Hari Ayah Sedunia, Ungkapkan Rasa Sayang dengan Kegiatan Bersama"
[Gambas:Video 20detik]
(sun/iwd)