Pohon Tumbang Timpa Pengendara Motor di Jalur Pacitan-Ponorogo

Pohon Tumbang Timpa Pengendara Motor di Jalur Pacitan-Ponorogo

Purwoto Sumodiharjo - detikJatim
Selasa, 18 Okt 2022 11:01 WIB
Warga membersihkan sisa-sisa pohon tumbang di Pacitan
Warga membersihkan sisa-sisa pohon tumbang di Pacitan (Foto: Purwoto Sumodiharjo/detikJatim)
Pacitan -

Sebatang pohon tumbang menimpa seorang pengendara di jalur Pacitan-Ponorogo, tepatnya di ruas Desa Gunungsari, Kecamatan Arjosari. Motor tersebut langsung rusak, namun pengendara hanya menderita luka ringan.

"Kejadian ini berlangsung sekitar pukul 07.00 WIB, tepatnya di RT 02 RW 02 Dusun Grunggung, Desa Gunungsari," terang Kapolsek Arjosari, Iptu Amrih Widodo, Selasa (18/10/2022).

Pengendara motor yang mengalami cedera atas nama Alif Nur Hidayat (18). Warga Dusun Sugihwaras, Desa sedayu itu mengalami lecet di bibir. Sedangkan sepeda motor yang ditumpanginya rusak.

Amrih menyebut, peristiwa pohon tumbang itu jatuh bersamaan hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut. Tak ayal, arus lalu lintas kedua arah pun sempat terganggu. Personel polisi disiagakan untuk mengatur lalu lintas.

"Memang (lalu lintas) sempat tersendat namun sekarang sudah lancar kembali," tambahnya.

Stagnasi kendaraan hanya berlangsung sekitar 10 menit. Selanjutnya, pembersihan pohon tumbang dilakukan warga masyarakat bersama TNI/Polri, BPBD, dan relawan. Mereka memotong kayu menggunakan gergaji mesin.

Kepala Pelaksana BPBD Pacitan, Erwin Andriatmoko mengatakan, hingga pukul 09.00 WIB tim gabungan masih berada di lokasi. Upaya pembersihan tak hanya dilakukan terhadap pohon yang tumbang, namun juga tanaman sekitar yang berpotensi menimbulkan gangguan.

Terlebih, ambruknya pohon di jalur Pacitan-Ponorogo pagi ini tak hanya menutup jalan raya. Batang pohon yang roboh juga mengenai jaringan listrik dan kabel telepon.

"Karena kondisi sekitar situ rawan kita nego dengan pemilik tanah dan pemerintah desa pohon-pohon yang membahayakan untuk ditebangi sekalian," ujarnya.

Pantauan detikJatim, hujan deras sempat mengguyur kawasan Kota 1001 Gua sejak pagi. Sejumlah titik di Kecamatan Kota sempat tergenang. Saat hujan reda, genangan pun sudah surut.



Simak Video "Momen Evakuasi Sopir Tewas Terjepit Tertimpa Pohon Tumbang di Gowa"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/fat)