Dituntut Hukuman 16 Tahun Penjara untuk Mas Bechi Pemerkosa Santri

Dituntut Hukuman 16 Tahun Penjara untuk Mas Bechi Pemerkosa Santri

Tim detikJatim - detikJatim
Senin, 10 Okt 2022 19:19 WIB
Mas Bechi
Mas Bechi anak kiai Jombang saat menghadiri sidang tuntutannya di PN Surabaya/Foto: Tangkapan layar
Surabaya -

Kasus pemerkosaan anak kiai Ponpes Shiddiqiyyah Jombang, Moch Subchi Azal Tsani (MSAT) telah sampai di sidang tuntutan. Mas Bechi, sapaan akrabnya dituntut hukuman maksimal yakni 16 tahun penjara.

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim Mia Amiati mengatakan, Bechi dituntut pasal 285 juncto 65 ayat 1 KUHP dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara. Namun, ancaman hukumannya ditambah sepertiga dari hukuman awal.

"Pasal 285 juncto 65 ayat 1 KUHP. Kami menuntut ancaman maksimal karena 285 KUHP ini 12 tahun (ancaman penjaranya) maka ditambah sepertiga dari pasal 65, maka total 16 tahun itu yang kami ajukan," kata Mia Amiati di PN Surabaya, Senin (10/10/2022).

Pantauan detikJatim di PN Surabaya, Bechi terlihat mengenakan kemeja biru berlengan panjang. Ia juga memakai rompi merah khas tahanan. Bechi menggunakan masker hitam sambil didampingi para jaksa saat keluar dari ruang sidang di PN Surabaya.

Namun, Bechi terlihat kurus. Lengannya yang biasanya terlihat berisi, kini tampak mengecil. Begitu pula dengan badannya yang juga tampak kurus. Hal ini berbeda dengan penampakan Bechi saat pertama kali dibawa ke Rutan Medaeng pada Juli 2022 lalu.

Saat diperiksa sebelum masuk ke Rutan Medaeng, tubuh Bechi tampak berisi. Begitu pula dengan wajahnya yang terlihat lebih berisi.

Tak hanya itu, Mia menyebut, dalam persidangan ini tak ada hal-hal yang meringankan Bechi. Untuk itu, pihaknya mantap menjatuhkan pidana 16 tahun ini.

"Dalam persidangan tidak ada hal-hal yang meringankan," ungkap Mia.

Mia memaparkan, ada sejumlah hal yang menjadi pertimbangan jaksa untuk menjatuhkan hukuman penjara maksimal pada Bechi.



Simak Video "Pendukung Mas Bechi Ricuh di Pengadilan, Serang Kamera Wartawan"
[Gambas:Video 20detik]