Kuota Perempuan Kurang 30%, Bawaslu Kab Blitar Perpanjang Pendaftaran Panwascam

Erliana Riady - detikJatim
Selasa, 04 Okt 2022 09:45 WIB
Bawaslu Kab Blitar Perpanjang Pendaftaran Panwascam Khusus Perempuan
Pendaftaran panwascam di Bawaslu Kab Blitar (Foto: Erliana Riady/detikJatim)
Blitar -

Bawaslu Kabupaten Blitar memperpanjang masa pendaftaran Panwascam. Namun perpanjangan ini khusus bagi 9 kecamatan yang belum terwakili 30 persen quota perempuan.

Setelah dilakukan penelitian berkas administrasi pendaftar calon anggota Panwaslu kecamatan, didapati adanya kekurangan pendaftar perempuan di 9 kecamatan di Kabupaten Blitar. Untuk itu Bawaslu Kab Blitar melakukan perpanjangan pendaftaran mulai 2-8 Oktober 2022.

Perpanjangan masa pendaftaran ini berdasarkan Keputusan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum No: 314/HK.01.00/K1/09/2022 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Dalam Pemilu Serentak 2024.

Bahwa perpanjangan masa pendaftaran dilakukan dalam hal jumlah pendaftar sudah memenuhi dua kali kebutuhan, namun belum ada pendaftar perempuan. Atau, jumlah pendaftar sudah terdapat pendaftar perempuan namun jumlah peserta kurang dari dua kali kebutuhan. Dan Jumlah pendaftar kurang dua kali kebutuhan atau keterwakilan perempuan belum mencapai minimal 30% dalam satu kecamatan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar, Abdul Hakam Solahuddin mengatakan 9 kecamatan yang memerlukan pendaftar perempuan yakni Kecamatan Udanawu, Srengat, Bakung, Nglegok, Panggungrejo, Talun, Wlingi, dan Selopuro.

"Nah dari 9 kecamatan tersebut belum memenuhi keterwakilan 30 persen dalam satu kecamatan," kata Hakam dikonfirmasi detikJatim, Selasa (4/10/2022).

Hingga hari kedua masa perpanjangan pendaftaran, Senin (3/10/2022), baru ada 2 pendaftar perempuan dari Kecamatan Bakung dan Wlingi. Para perempuan yang mendaftar sebagai Panwascam ini harus memenuhi persyaratan usia minimal 25 tahun, pendidikan setara SMA, dan berdomisili KTP di Kabupaten Blitar.

"Jika sampai masa perpanjangan habis masih belum memenuhi persyaratan quota keterwakilan perempuan, ya kami akan perpanjang lagi," tandasnya.

Hakam berharap, para perempuan mendaftar sebagai Panwascam sebagai realisasi partisipasi kaum perempuan dalam kancah politik di pemilu tahun 2024 mendatang.



Simak Video "Jokowi ke Capres-Cawapres: Jangan Bawa Politik Identitas, Bahaya!"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)