Diusung NasDem Jadi Capres 2024, Anies Punya Panggung Baru yang Menantang

Diusung NasDem Jadi Capres 2024, Anies Punya Panggung Baru yang Menantang

Faiq Azmi - detikJatim
Senin, 03 Okt 2022 16:41 WIB
Partai NasDem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) yang akan mereka usung di Pilpres 2024. (YouTube NasDem TV)
Partai NasDem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) yang akan mereka usung di Pilpres 2024. (YouTube NasDem TV)
Surabaya -

Partai NasDem resmi mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) 2024. Pengamat politik menilai, Anies akan punya panggung baru. Panggung tersebut akan berbeda 180 derajat dengan sebelumnya saat Anies menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta.

"Ini panggung politik baru yang cukup menantang untuk Anies di level nasional dan juga di medan kontes politik nasional pascamemimpin ibu kota," terang pengamat politik asal Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim Abdussalam kepada detikJatim, Senin (3/10/2022).

Menurut Surokim, modal Anies maju capres cukup kompetitif, namun tetap dengan sejumlah catatan. Yakni bisa menjaga dan memelihara momentum politik dan pastinya membutuhkan partai tambahan untuk benar-benar meraih tiket.

Lebih lanjut peneliti senior SSC ini menyebut, Anies Baswedan akan dapat banyak keuntungan politik (political advantage) pascadiusung oleh NasDem di Pilpres 2024.

"Selama ini tekanan kepada Anies hampir mirip dengan situasi yang pernah dihadapi Prabowo yang dianggap dekat dan diusung oleh kelompok Islam kanan yang kental. Hal itu yang selama ini juga menjadi dan dijadikan peluru untuk menghantam, men-down grade elektabilitas Anies," katanya.

Surokim menambahkan, kekuatan dan gagasan Anies selama ini belum banyak diekspos. Gagasan Anies cenderung masih tersembunyi dan juga belum banyak tersiar kepada publik pemilih di Indonesia.

"Khususnya kekuatan ide gagasan progresif kebangsaan, kemampuan di forum internasional, ekselensi akademis, dan kapasitas kepemimpinan publik orang muda di era transisi. Saya kira hal tersebut akan bisa dimaksimalkan dengan dukungan NasDem di awal pencalonan," tandasnya.



Simak Video "Ekspresi Anies Ditanya soal NasDem Umumkan Capres Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/dte)