Anies Jadi Capres NasDem, KIB Jatim: Isu Penjegalan Terbantahkan!

Anies Jadi Capres NasDem, KIB Jatim: Isu Penjegalan Terbantahkan!

Faiq Azmi - detikJatim
Senin, 03 Okt 2022 14:14 WIB
KIB Jatim
Para Ketum Parpol yang tergabung dalam KIB Jatim. (Foto: Faiq Azmi/detikJatim)
Surabaya -

Partai NasDem resmi mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) di Pemilu 2024. Parpol yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) Jawa Timur, Golkar, PPP, PAN, menghormati keputusan NasDem.

Ketua DPD Golkar Jatim M Sarmuji menilai, keputusan NasDem tersebut akhirnya mematahkan isu soal adanya kekuatan besar yang menghalangi Anies untuk nyapres.

"Ini manuver menarik di tengah isu ada penjegalan Anies sebagai calon presiden. Dengan pencapresan oleh NasDem, isu itu menjadi terbantah," kata Sarmuji kepada detikJatim, Senin (3/10/2022).

Sarmuji menyatakan, selama ini banyak beredar isu yang menyebut Anies akan digagalkan untuk maju capres. Isu itu, kata Sarmuji, digambarkan dengan adanya kekuatan dahsyat yang menghalangi Anies maju pada perhelatan Pilpres 2024. Namun, hari ini isu tersebut terbantahkan.

"Tentu NasDem tidak akan deklarasi jika benar ada kekuatan dahsyat yang menghalangi," tambahnya.

Politikus yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi VI DPR RI ini menambahkan, KIB tidak akan terburu-buru mendeklarasikan capres. Sebab, urusan capres merupakan bab terakhir dalam pembahasan di KIB.

"Kita akan segera membicarakan bersama dengan mitra koalisi. Kita tidak bisa deklarasi sendiri tanpa mengajak bicara mitra koalisi, supaya sekali deklarasi bisa langsung eksekusi ada tiket daftar sebagai capres," tegasnya.

Sementara Ketua DPW PAN Jatim Riski Ahmad Sadig mengatakan, NasDem masih membutuhkan kawan untuk koalisi meski sudah mendeklarasikan Anies sebagai capres.

"Setiap partai tentu punya pertimbangan sendiri untuk memutuskan langkah politiknya. Saya ucapkan selamat buat Partai NasDem yang sudah memulai langkah kongkretnya," ujarnya.

"Selanjutnya, tentu mencari kawan koalisi agar bisa memenuhi persyaratan Presidential Threshold (PT) sesuai UU menjadi langkah-langkah lanjutan Partai NasDem," tambahnya.

Anggota DPR RI ini menegaskan, KIB sudah melewati chapter-chapter awal yakni soal visi dan misi. Chapter selanjutnya akan semakin membuat penasaran banyak orang.

"KIB jatim alhamdulillah sudah melewati chapter-chapter awalnya secara kongkret. Kita lihat saja perjalanan chapter selanjutnya dari KIB seperti apa," ungkapnya.

Sedangkan Wakil Ketua DPW PPP Jatim Mujahid Ansori menghormati keputusan NasDem mengusung Anies sebagai calon presiden. Namun, ia menyinggung soal politik yang dinamis.

"Kami hormati keputusan NasDem, tapi politik dinamis ya. Saya kira belum ada yang pasti sampai pada pendaftaran dan penetapan calon nanti," ungkapnya.

Mantan Anggota DPRD Jatim ini mengungkapkan, PPP solid bersama KIB. Selain itu, PPP akan menggelar Mukernas di tahun ini, salah satunya untuk menyikapi perkembangan politik.

"PPP akan menggelar Mukernas, tentu dari PPP Jatim akan mengusulkan ya, soal dinamika perkembangan politik saat ini," tandasnya.



Simak Video "Ekspresi Anies Ditanya soal NasDem Umumkan Capres Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/dte)