Jalan Nasional Bandung-Prigi Trenggalek Sempat Lumpuh Terimbas Banjir

Jalan Nasional Bandung-Prigi Trenggalek Sempat Lumpuh Terimbas Banjir

Adhar Muttaqin - detikJatim
Senin, 03 Okt 2022 15:20 WIB
banjir di trenggalek
Jalan Nasional Bandung-Prigi Trenggalek sempat lumpuh (Foto: Adhar Muttaqin/detikJatim)
Trenggalek -

Hujan deras yang terjadi semalam mengakibatkan sejumlah desa di Kecamatan Bandung, Tulungagung terendam banjir. Akibat bencana ini ruas jalan nasional Bandung-Prigi, Trenggalek sempat terputus.

Kapolsek Bandung AKP Dadang Triyanto, mengatakan desa yang terendam banjir di Desa Talunkulon dan Desa Nglampir, Kecamatan Bandung. Luapan air hingga masuk ke rumah-rumah penduduk dan menutup akses jalan raya.

"Tadi jalur Bandung-Prigi (penghubung Kecamatan Bandung dengan Kecamatan Watulimo) sempat tidak bisa dilalui, karena air setinggi paha orang dewasa. Sekarang surut, arus lancar," kata Dadang Triyanto saat dikonfirmasi detikJatim, Senin (3/10/2022).

Pihaknya mengaku sempat berusaha melakukan rekayasa arus lalu lintas dengan mengalihkan ke jalur alternatif di Desa Bantengan, namun gagal karena terdapat dua titik banjir.

Menurutnya banjir ini terjadi akibat tingginya curah hujan yang terjadi semalam. Akibat kondisi itu air dari sejumlah pegunungan di sekitar Kecamatan Bandung melimpah ke dataran rendah di Desa Talunkulon dan Nglampir.

"Jadi ini air dari gunung turun ke sini semua atau air ancar. Sungai yang di sini tidak mampu menampung, akhirnya meluap," jelasnya.

Dadang menambahkan di beberapa titik, kondisi air mulai surut, namun untuk wilayah yang di dekat sungai masih terjadi genangan.

Sementara itu Kabag Prokopim Setda Tulungagung Achmad Mugiyono mengatakan, selain di Kecamatan Bandung banjir juga terjadi di Desa Ngentrong, Kecamatan Campurdarat. Akibat kondisi itu akses jalan utama, perkampungan hingga sekolah ikut terendam.

"Sampai saat ini genangan masih terjadi, namun berangsur-angsur surut," kata Achmad Mugiyono.

Selain banjir, bencana tanah longsor juga terjadi di sejumlah lokasi, di antaranya wilayah Pagerwojo serta Kecamatan Besuki.



Simak Video "Banjir di RSUD Soedomo Trenggalek Surut, Sisakan Lumpur Tebal"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/fat)