Kabar Nasional

NasDem Bebaskan Anies Baswedan Pilih Cawapres Sendiri

Tim detikNews - detikJatim
Senin, 03 Okt 2022 11:42 WIB
Surabaya -

Partai NasDem resmi mengumumkan Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) 2024. Partai NasDem menyerahkan sepenuhnya pilihan calon wakil presiden (cawapres) kepada Anies.

"Soal cawapres, kalau NasDem, kita kasih otoritas sama Bapak Anies," kata Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dalam jumpa pers pengumuman capres oleh Partai NasDem di NasDem Tower, Jakarta Pusat, dilansir dari detikNews, Senin (3/9/2022).

Menurut Paloh, penentuan cawapres harus mempertimbangkan unsur kecocokan dari Anies sendiri selaku capres. Apabila Anies tidak cocok, nantinya kerja pemerintahan bakal tidak bagus.

"Bagaimana kita tiba-tiba mau pilih wakil pesiden yang tiba-tiba nggak cocok sama diri dia? Itu belum apa-apa sudah cari penyakit namanya," kata dia.

Selain itu, NasDem ingin agar Anies mewujudkan kabinet yang kuat, solid, dan kompak. Maka, cawapres haruslah pilihan Anies sendiri.

"Jadi ketika kita yakin memilih capres kita, kita harus yakin juga beri kesempatan dia pilih wakil yang paling bagus," kata Paloh.

Sebelumnya, Surya Paloh sempat menyinggung alasannya memilih Anies Baswedan menjadi capres. Menurut dia, NasDem memilih yang terbaik. Oleh karena itu, dia memutuskan sosok Anies Baswedan yang dipilih.

"Ini lah kenapa akhirnya NasDem melihat seorang sosok Anies Rasyid Baswedan. Kami mempunyai keyakinan pikiran-pikiran dalam perspektif baik secara makro maupun mikro sejalan," kata Paloh.

"Kenapa Anies Baswedan? Jawabannya adalah why not the best," lanjut Paloh.

(hse/dte)