Cuaca Surabaya Panas Banget Tiba-tiba Hujan, Ada Apa?

Cuaca Surabaya Panas Banget Tiba-tiba Hujan, Ada Apa?

Faiq Azmi - detikJatim
Sabtu, 01 Okt 2022 14:48 WIB
ilustrasi hujan
Foto: Getty Images
Surabaya -

Cuaca di Kota Surabaya dalam sepekan terakhir sangat panas. Suhu berkisar di angka 37-38 derajat celcius. Tapi, mendadak pada Jumat kemarin turun hujan dalam waktu yang cukup lama.

Benarkah Kota Surabaya sudah masuk musim penghujan?

Kepala BMKG Klas I Juanda, Taufiq Hermawan mengatakan, Kota Surabaya belum masuk ke musim hujan.

"Masih belum, masih masuk musim kemarau," kata Taufiq kepada detikJatim, Sabtu (1/10/2022).

Lebih detail Taufiq menjelaskan, Kota Surabaya masih dalam transisi pancaroba. Di mana saat ini masih dalam fase musim kemarau.

"Wilayah Surabaya masih dalam masa pancaroba atau peralihan musim," tambahnya.

Turunnya hujan di Surabaya pada Jumat kemarin, lanjut Taufiq disebabkan oleh adanya gelombang Rossby yang mulai memasuki Jawa Timur.

"Salah satu sebab, kenapa di Surabaya dan sejumlah daerah lainnya di Jatim turun hujan, baik itu kemarin, atau hari ini karena gelombang Rossby yang sudah aktif di Jawa Timur," tegasnya.

Taufiq pun mengimbau kepada warga agar waspada dan hati-hati atas ketidakpastian cuaca yang disebabkan gelombang Rossby serta fenomena La Nina.

"Tetap waspada dampak bencana hidrometeorologi seperti potensi banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang dan lainnya," katanya.

"Terus mengupdate informasi dari BMKG, karena sepekan ke depan ada potensi turun hujan lebat disertai petir dan angin kencang di sejumlah wilayah Jatim," tandasnya.



Simak Video "Konser Westlife di Surabaya Obati Rindu Fan"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/iwd)